Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Warna Darah Manusia yang Berbeda, Pertanda Apa?

Jenis Warna Darah Manusia yang Berbeda, Pertanda Apa?

Jenis warna darah manusia memberikan indikasi kesehatan tertentu. Warna darah yang manusia miliki akan memperlihatkan kondisi mereka. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui sejumlah perbedaan warna darah.

Manusia membutuhkan darah untuk bisa bertahan hidup. Darah berfungsi untuk mengalirkan berbagai macam nutrisi ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Umumnya darah manusia memang berwarna merah. Namun, warna merah dalam darah ada yang gelap dan terang. Apa sebenarnya yang terjadi?

Baca Juga: Fungsi Sel Darah Merah di Dalam Tubuh Manusia Sangat Vital, Apa Saja?

Arti dari Berbagai Jenis Warna Darah Manusia

Jika Anda pernah terluka yang membuat kulit mengeluarkan darah, maka cairan darah yang keluar akan berwarna merah. Hal serupa juga terjadi pada semua orang.

Apabila Anda pernah mendonorkan darah, pastinya sangat tahu bahwa darah akan berwarna merah pekat. Namun, di sebagian orang darah tersebut berwarna merah cerah dan sedikit cair.

Ini menjadi tanda bahwa warna merah pada darah juga bisa berbeda. Meski sama-sama merah, tetapi terang dan gelapnya akan berbeda.

Baca Juga: Fungsi Sistem Ekskresi: Paru-Paru, Ginjal, Hati, dan Kulit

Penyebab Warna darah Terang dan Gelap

Selama ini banyak mitos yang mengatakan bahwa darah gelap adalah darah kotor. Apakah benar begitu faktanya?

Ternyata, gelap dan terang pada darah memberikan indikasi kondisi tertentu. Warna darah akan sangat dipengaruhi oleh sedikit banyaknya oksigen.

Semakin gelap warna darah, artinya kandungan oksigennya juga semakin rendah. Sedangkan darah yang memiliki warna merah cerah mengandung kadar oksigen yang cukup.

Selain itu, beberapa kondisi kesehatan juga dapat mempengaruhi warna darah. Misalnya seperti orang yang mengalami anemia atau kondisi tubuh kekurangan darah.

Para penderita anemia tersebut akan memiliki jenis warna darah manusia yang sedikit berbeda daripada darah normal. Kondisi HB rendah atau anemia akan membuat warna darah semakin terang.

Artinya, warna gelap terang pada darah tidak mempengaruhi kondisi bersih dan kotornya, melainkan memang menjadi indikasi kandungan di dalam darah tersebut.

Baca Juga: Fungsi Hormon LH dan FSH pada Tubuh Manusia, Simak Penjelasannya!

Alasan Kenapa Darah Berwarna Merah

Darah manusia berwarna merah bukan tanpa alasan. Hal itu karena adanya peran hemoglobin yang terkandung di dalam sel darah.

Protein hemoglobin akan mengandung senyawa yang berwarna merah. Senyawa tersebut terkenal dengan nama heme.

Heme merupakan senyawa yang akan membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah di dalam pembuluh. Senyawa heme ini juga mengandung atom besi yang mengikat oksigen.

Lalu heme mengangkut oksigen tersebut dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh lainnya. Sebagai informasi, bahan kimia tertentu dalam memicu warna di mata manusia berdasarkan dari panjang gelombang cahayanya.

Hemoglobin yang terikat dengan oksigen berkat heme ini menyerap cahaya biru dan hijau. Sehingga, hemoglobin kemudian memantulkan cahaya merah dan oranye ke mata manusia.

Itulah kenapa, jenis warna darah manusia akan berupa merah cerah ketika mengikat banyak oksigen. Sedangkan jika kandungan oksigennya menipis, maka warnanya akan menjadi merah gelap. (R10/HR-Online)