Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruJupiter Melindungi Bumi dari Kehancuran? Simak di Sini!

Jupiter Melindungi Bumi dari Kehancuran? Simak di Sini!

Jupiter melindungi Bumi dari kehancuran. Karena Jupiter yang melindungi, maka Bumi menjadi planet layak huni. Planet Jupiter sukses mengurangi risiko hantaman untuk planet ini.

Dalam sistem Tata Surya ini, Jupiter merupakan planet paling masif. Ukurannya jauh di atas Bumi dan berada di luar garis orbitnya.

Ternyata, memang semua planet di Tata Surya ini saling berhubungan. Nyatanya keberadaan Jupiter juga bermanfaat untuk Bumi karena menghalangi risiko hantaman dengan meteor dan juga asteroid.

Baca Juga: Fakta Planet Jupiter, Jadi Planet Terbesar Hingga Punya Banyak Satelit!

Ternyata Planet Jupiter Melindungi Bumi?

Ada begitu banyak benda di luar angkasa. Asteroid merupakan sebuah benda yang lebih kecil dari planet, berbatu atau logam yang juga mengorbit Matahari.

Meski lebih kecil dari planet, namun benda luar angkasa ini tergolong cukup besar. Umumnya asteroid berukuran di atas 1 meter, seperti asteroid terbesar yang memiliki diameter 965 km, yaitu Ceres.

Ada begitu banyak asteroid di Tata Surya ini yang bisa saja menabrak Bumi selama orbitnya. Namun, tahukah Anda bahwa Jupiter menyelamatkannya?

Baca Juga: Planet Jupiter Dihantam Asteroid, Tertangkap Kamera Astronom Amatir

Menarik Asteroid

Memang beberapa asteroid juga mengorbit bebas di luar angkasa. Bahkan beberapa kali asteroid terlihat berada di dekat Bumi.

Tetapi, sebagian besar asteroid ada di sabuk asteroid yang terletak antara Mars dan Jupiter. Lantas, apa peran Jupiter? Jawabannya adalah gravitasi mereka yang menyelamatkan Bumi.

Jupiter sebagai planet terbesar berisi gas. Ukuran planet ini 11 kali lebih besar daripada Bumi.

Kenyataannya, Jupiter bukanlah sekedar bola raksasa. Ia melindungi Bumi dari kehancuran dengan menghempaskan komet dan juga asteroid melalui gravitasinya yang kuat.

Selain asteroid, Jupiter melindungi Bumi dari komet juga, terutama komet dengan periode panjang yang diperkirakan akan menyerang Bumi pada jutaan atau puluhan juta tahun.

Tanpa kehadiran Jupiter, maka komet periode panjang ini akan lebih sering untuk bertabrakan dengan planet Bumi. Dalam beberapa dekade terakhir, astronom melihat beberapa tanda komet yang akan menabrak Jupiter.

Baca Juga: Jupiter Ancam Bumi Serangan Berupa Lemparan Benda Langit

Kelompok Tata Surya ‘Bumi Super’

Menurut makalah yang terbit dalam Proceedings of the National Academy of Sciences 2015, dua ilmuwan telah memperkirakan bahwa Tata Surya pernah terbagi menjadi tuan rumah untuk ‘Bumi Super’.

Itu adalah sebutan untuk planet yang lebih besar dari planet Bumi akan tetapi ukurannya lebih kecil dari Neptunus. Planet ini sangat luas sehingga gravitasinya menarik dan menghentikan sebagian besar asteroid yang akan menabrak Bumi.

Salah satu penulis makalah, Konstantin Batygin dari Caltech menjelaskan bahwa penelitiannya menunjukkan bahwa migrasi Jupiter ke luar dapat menghancurkan planet generasi pertama.

Selain itu, Jupiter juga mengatur situasi untuk pembentukan planet terestrial yang terkuras oleh massa yang Tata Surya miliki saat ini.

Saat ini gravitasi Jupiter melindungi Bumi. Mereka menarik asteroid tersebut ke dekatnya sehingga mencegah untuk bertabrakan dengan planet ini. (R10/HR-Online)