Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan Suspensi Upside Down Motor Ini Penting untuk Diketahui

Kelebihan Suspensi Upside Down Motor Ini Penting untuk Diketahui

Kelebihan suspensi upside down motor sangat penting Anda ketahui. Mengingat bahwa suspensi upside down motor (USD) ini memiliki tingkat kestabilan yang baik pada motor. Menggunakan komponen motor yang satu ini bisa memenuhi keinginan seseorang, sayangnya tak banyak yang tahu apa saja kelebihannya.

Untuk saat ini pun juga sudah ada beberapa produk baru pada kendaraan bermotor yang sudah menggunakan suspensi model upside down. Sebab, suspensi jenis USD seperti ini mempunya tingkat kestabilan yang baik ketika berkendara, terutama saat melewati jalanan rusak.

Baca Juga: Jenis-Jenis Suspensi Belakang Sepeda Motor yang Jarang Diketahui

Kelebihan Suspensi Upside Down Motor Penting Anda Ketahui

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sudah menyematkan USD pada beberapa produk mereka. Pasalnya dengan kombinasi yang tepat antara desain, weight ratio, fairing, dan penggunaan USD, maka motor Yamaha mempunyai sensasi berbeda.

Sebut saja seperti Yamaha R25 yang mana keseimbangannya semakin lebih nyaman dalam bermanuver. Hal ini karena pembagian bobot yang baik. Meski demikian, jika kita melihat dari segi fisiknya memang posisinya terbalik daripada suspensi teleskopik biasanya.

Hal ini karena posisi inner tube berada pada bagian bawah, sementara posisi outer tube berada pada bagian atas. Jika secara tampilan memang penggunaan USD ini jauh lebih baik dan menarik daripada suspensi teleskopik biasa.

Sehingga tidak heran jika USD seperti ini memiliki banyak keunggulan daripada yang biasanya itu.

Namun sayangnya tidak semua pemilik kendaraan roda dua mengetahui apa saja kelebihannya. Jika Anda salah satunya, maka bisa menyimak beberapa uraian berikut ini dengan seksama.

Baca Juga: Cara Membuat Shock Belakang Motor Empuk, Cek Seal dan Olinya

Tingkat Kestabilan Lebih TInggi

Kelebihan suspensi upside down motor yang pertama ini adalah memiliki tingkat kestabilan yang jauh lebih tinggi. Tidak hanya itu saja, melainkan juga memiliki suspensi yang lebih kuat daripada biasanya.

Hal ini karena silinder jauh lebih panjang atau terekspos daripada suspensi konvensional pada umumnya itu. Bahkan suspensi upside down ini juga cocok untuk manuver sehingga bisa menjadi pilihan terbaik bagi siapa saja.

Biasanya suspensi jenis ini adalah suspensi yang seringkali kita temui pada kendaraan bermotor yang besar alias Moge. Meski demikian, tak selamanya harus motor besar, melainkan motor kelas 250cc saja sudah ada banyak yang menggunakan jenis suspensi ini.

Sebut saja seperti Honda CBR 250R yang mana jenis motor tersebut sudah menggunakan suspensi upside down daripada lainnya.

Sebab sudah ada sebagian besar orang yang memiliki motor ini. Selain mesin yang bertenaga besar, namun juga mempunyai kaki-kaki menakjubkan.

Cocok untuk Melakukan Balapan atau Touring

Kelebihan suspensi upside down motor selanjutnya adalah para penggunanya tidak akan mudah goyang ketiga mengendarai dalam kecepatan tinggi.

Sehingga dengan demikian sangat cocok bagi mereka yang gemar melakukan balapan maupun touring.

Tidak hanya itu saja, melainkan USD ini juga mampu untuk meredam lebih banyak getaran daripada jenis teleskopik biasa. Mengapa? Hal ini karena posisi tabung bagian atas ini jauh lebih besar.

Sementara itu, dari sisi tampilannya maka akan membuat kendaraan bermotor menjadi lebih kekar. Memang suspensi seperti ini sudah dirancang untuk memiliki tingkat kestabilan yang lebih baik selama berkendara.

Apalagi bagi yang suka melewati jalanan berbatu atau rusak, sehingga tak heran jika cocok untuk touring. Sebab dengan menggunakan suspensi ini, maka bisa memenuhi keinginan penggunanya yang hobi berpetualang.

Baca Juga: Fungsi Gearbox Motor Cukup Penting, Ini Informasinya

Tips Perawatan

Tak hanya tahu tentang kelebihan suspensi upside down motor saja, melainkan juga cara perawatan yang benar. Sudah jelas apapun barang tak terkecuali USD pasti bisa rusak, terlebih jika tak ada perawatan.

Maka dari itu supaya komponen tersebut tidak mudah rusak, maka Anda sebagai pemilik motor harus merawatnya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satunya rajin membersihkan secara berkala.

Anda bisa membersihkan suspensi dari adanya kotoran seperti debu yang menempel secara rutin. Untuk membersihkannya cukup dengan air bersih dan sabun khusus motor, kemudian keringkan agar tak timbul karat.

Selanjutnya Anda juga bisa menggunakan cover pelindung yang mampu menutupi area as shockbreaker motor. Sebab dengan menggunakan cover pelindung ini, maka bisa mengurangi potensi kerusakan komponen as shockbreaker.

Bahkan dengan memperhatikan kebersihannya maka shockbreaker juga tidak akan mudah bocor. Jadi dengan demikian dapat memperpanjang umur suspensi tersebut. Setelah Anda tahu beberapa kelebihan suspensi upside down motor, maka juga jangan lupa untuk selalu merawatnya. (R10/HR-Online)