Senin, September 26, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Membaca Basmalah, Bisa Menghapus Dosa Kecil

Keutamaan Membaca Basmalah, Bisa Menghapus Dosa Kecil

Keutamaan membaca basmalah harus kita ketahui, apalagi sebagai umat muslim. Basmalah dalam ajaran Islam tentu tidak asing bagi. Apalagi bacaan ini sangat lekat ketika akan memulai berbagai aktivitas.

Kalimat yang mengawali setiap ayat Al Quran selain At-Taubah ini, pertama kali ditulis oleh Nabi Sulaiman di dalam sebuah surat yang ia tujukan untuk ratu Balqis.

Dalam basmalah terdapat dua sifat Agung Allah, yaitu Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Maka setiap kegiatan kita akan dihitung ibadah sebab mengatasnamakan Allah.

Selain itu, membaca basmalah merupakan bentuk pengakuan bahwa Allah Sang Penguasa langit dan bumi.

Baca juga: Keutamaan Surat An Nas yang Dahsyat Dapat Melindungi dari Sihir

Beberapa Keutamaan Membaca Basmalah

Meskipun sudah biasa kita ucapkan, namun ternyata bacaan tersebut tidak hanya memiliki nilai pahala yang besar, namun ada banyak keutamaan bagi siapa saja yang melaksanakannya.

Berikut beberapa keutamaannya:

Menghapus Dosa Kecil

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW, menjelasakan siapa saja yang membaca bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.

Bukan hanya itu, Nabi juga bersabda: bagi siapa saja yang membaca basmalah sekali, maka Allah SWT akan meleburkan dosa-dosa kecil. Bahkan tidak ada dosa yang tertinggal, meski seberat dzarrah atau debu.

Baca juga: Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Mendapat Perlindungan ketika Tidur

Selanjutnya adalah mendapat perlindungan ketika tidur yang mana merupakan salah satu keutamaan membaca basmalah.

Saat tubuh lelah setelah beraktivitas seharian, tidur merupakan cara terbaik untuk mengistirahatkan diri.

Agar tidak terjadi sesuatu yang buruk, maka jangan sampai terlelap sebelum membaca basmalah dan berdoa.

Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi menyampaikan, bahwa membaca basmalah sebanyak 21 kali akan menyelamatkan diri dari pencurian, gangguan setan, mati mendadak, dan bencana yang lainnya.

Tercatat Sebagai 400 Kebaikan

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa siapa saja yang membaca basmalah, maka Allah SWT akan menyuruh malaikat Kiramul Katibin untuk menulis dalam buku amal hamba itu sebanyak 400 kebaikan.

Masya Allah, hanya membaca basmalah saja kita mendapat 400 kebaikan. Apalagi jika disertai  dengan amalan lain. Sungguh pemurah Allah sang penguasa alam.

Jauh dari Fitnah

Keutamaan membaca basmalah berikutnya yaitu dapat menjauhkan kita dari fitnah.

Fitnah merupakan kejahatan besar. Allah bahkan berjanji menempatkan para penyebar fitnah di dalam neraka jahanam.

Maka bacalah basmalah agar setiap langkah kita dilindungi oleh malaikat. Sebab, kehidupan manusia mudah mendapat fitnah.

Seperti dalam HR. Muttafaqun Alaih, “ Jika kalian berdiri maka ucapkanlah bismillah, sungguh apabila ada manusia yang memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan tersebut.

Baca juga: Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Memudahkan, Melancarkan Rezeki

Mendapat Keberkahan

Basmalah merupakan pahala yang penuh keberkahan, sehingga kita tidak boleh menyepelekannya.

Di sisi Allah basmalah memiliki nilai besar, sehingga berkah atau tidaknya suatu perbuatan seseorang tergantung pada bagaimana ia memulainya.

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap pekerjaan yang baik, jika tidak dimulai dengan “Bismillah” maka (pekerjaan tersebut) akan terputus (dari keberkahan Allah).”

Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita membiasakan diri membaca basmalah sebelum memulai kegiatan agar mendapat rahmat dan ridha dari Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan membaca basmalah. Dapat kita tarik kesimpulan, bahwasanya perbuatan kecil tidak selalu berdampak kecil, misalnya saja bacaan basmalah yang ternyata memiliki nilai ibadah serta berpengaruh dalam kehidupan manusia. (Muhafid/R6/HR-Online)