Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruKomstir Motor Goyang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Komstir Motor Goyang, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Komstir motor goyang menjadi salah satu masalah yang perlu Anda atasi. Bagian komstir yang goyang bisa jadi karena ada komponen motor yang mengalami kerusakan. Maka dari itu, Anda harus melakukan perawatan motor dengan baik pada bagian yang satu ini.

Perlu Anda tahu jika komstir pada motor memiliki fungsi yang cukup penting. Pada dasarnya fungsi komstir yaitu untuk meringankan serta menstabilkan gerak setang setir pada kendaraan sepeda motor.

Baca Juga: Cara Meluruskan Stang Motor yang Bengkok Sesuai Penyebabnya

Mengetahui Masalah Komstir Motor Goyang

Komstir merupakan bagian sepeda motor yang terdiri dari dua bagian. Antara lain yaitu bagian bawah dan bagian atas. Fungsinya memang penting sekali untuk berjalannya kendaraan.

Apabila komstir atau kom leher terjadi permasalahan atau kerusakan, biasanya pengendara akan bisa merasakan perbedaannya. Mulai dari kemudi yang berat atau kemudi yang menjadi goyang.

Baca Juga: Penyebab Stang Motor Berat dan Tidak Stabil yang Paling Sering Terjadi

Permasalahan pada Komstir

Permasalahan komstir ada dua jenis. Antara lain komstir yang terlalu kendor atau terlalu kencang. Apabila bagian kemudi sepeda motor Anda sudah terasa goyang, pada umumnya komstir motor Anda sudah longgar.

Sebaliknya, jika komstir motor Anda terlalu kencang, biasanya kemudi motor akan terasa belok sendiri. Hal ini perlu Anda waspadai.

Variasi kekencangan komstir juga dapat mengakibatkan pengendara menjadi susah dalam menghandle performa kecepatan dalam berkendara. Sehingga, bisa menimbulkan kecelakaan.

Ketika komstir bermasalah, pada umumnya pengendara akan merasa sulit mengontrol motor, terutama saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Lalu, jika komstir terlalu kendor, ketika mesin normal pada kecepatan sedang, Anda tidak akan merasakan. Meski berkendara dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

Cara Mengencangkan Komstir

Pada saat komstir motor goyang, maka Anda harus segera mengatasinya. Jika masalah tersebut karena setelan komstir yang terlalu kendor, maka segera kencangkan komstir tersebut.

Perlu Anda tahu, untuk mengencangkan komstir motor Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke bengkel. Caranya yaitu dengan memutar atau mengencangkan mur setelan yang letaknya berada pada bagian bawah segitiga dari kemudi motor.

Baca Juga: Stang Motor Tiba-tiba Goyang, Coba Cek Bagian Ini

Cara Mengganti Bearing Komstir Motor

Jika masalah komstir motor goyang bukan karena pemasangannya yang kendor, maka Anda harus mengecek pada bagian bearing komstir motor.

Apabila komponen tersebut sudah tidak bisa Anda perbaiki lagi, maka segera lakukan penggantian bearing komstir motor Anda dengan cara berikut ini.

  1. Pertama, bongkar bagian komstir dan lepaskan komponen komstir motor.
  2. Oleskan stemplet pada tempat bearing atau pelor.
  3. Anda bisa mengatur posisi pelor dengan rata, jangan sampai ada celah, sebab ini bisa membuat komstir motor goyang.
  4. Pasang lagi komstir ke bagian leher motor dengan hati-hati supaya pelor tidak lepas.
  5. Kencangkan lagi 2 buah bearing yang akan mengikat komstir dengan leher motor.
  6. Setel sesuai kenyamanan.

Bagi sepeda motor, komstir adalah komponen vital. Maka dari itu, ketika komponen ini bermasalah maka motor tidak akan nyaman saat Anda kendarai.

Maka dari itu, lakukan perawatan komstir motor dengan sebaik mungkin agar tidak goyang. Sehingga, Anda bisa tetap nyaman dalam berkendara. (R10/HR-Online)