Jumat, September 30, 2022
BerandaBerita PangandaranLagi, Rumah Warga di Langkaplancar Pangandaran Roboh, Diduga Sudah Lapuk

Lagi, Rumah Warga di Langkaplancar Pangandaran Roboh, Diduga Sudah Lapuk

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Terjadi lagi, rumah warga di Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, roboh. Diduga penyebab robohnya rumah warga tersebut akibat kondisinya sudah lapuk.

Rumah yang roboh itu milik Herman, warga Dusun Cigangsa, RT 01, RW 03, Desa Pangkalan. Selain sudah lapuk, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Langkaplancar sejak Kamis (15/09/2022), juga menjadi penyebab rumah Herman roboh.

Kejadian robohnya rumah Herman pada hari Jumat (16/09/2022), sekitar jam 13.00 WIB. Beruntung, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, karena pemiliknya sedang berada di masjid untuk melaksanakan sholat Jumat.

Deden Hidayat, perangkat Desa Pangkalan mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Pangkalan mengakibatkan dua rumah warga roboh.

Baca Juga : Rumah Ambruk di Pangandaran, Penghuni Nyaris Tertimbun Reruntuhan

Pertama terjadi pada hari Kamis (15/09/2022) malam, satu rumah yang roboh di Dusun Pangkalan. Kemudian, satu lagi rumah warga di Langkaplancar, tepatnya Dusun Cigangsa yang roboh pada hari Jumat ini.

“Baru saja semalam kita mengevakuasi warga yang rumahnya roboh. Hari ini terjadi lagi di Dusun Cigangsa,” terangnya.

Robohnya rumah warga itu selain karena hujan dan angin kencang, pihaknya menduga jua akibat bangunan rumahnya yang sudah lapuk. Sehingga tak kuat menahan terpaan angin yang cukup kencang.

“Kejadian ini sudah kita laporkan kepada pihak BPBD Pangandaran untuk ditindaklanjuti,” kata Deden.

Sementara itu, pemilik rumah, Herman berharap dengan kejadian ini pihak pemerintah terketuk hatinya untuk memberikan bantuan program Rutilahu.

“Saya berharap pemerintah memberikan bantuan untuk kembali membangun rumah saya yang roboh,” ungkapnya. (Ceng/R3/HR-Online/Editor-Eva)