Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruLetak Airbag pada Mobil Berbeda-beda, Ini Posisi dan Fungsinya!

Letak Airbag pada Mobil Berbeda-beda, Ini Posisi dan Fungsinya!

Letak airbag pada mobil benar-benar harus Anda ketahui. Sebab, pabrikan pembuat mobil tidak hanya menempelkan airbag di depan mobil saja. Melainkan letak komponen mobil itu bisa di pintu maupun langsung dalam modul airbag itu sendiri.

Karena letaknya yang berbeda-beda, maka tak heran jika sistem kerja maupun fungsinya pun juga berbeda pula. Pada intinya bahwa perangkat ini berguna untuk melindungi area kepala, leher, serta dada si pengemudi maupun si penumpang dalam mobil tersebut.

Nah secara prinsip, maka ketiganya juga memiliki mekanisme kerja yang serupa pula.

Baca Juga: Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Letak Airbag pada Mobil Berbeda-beda, Simak Penjelasannya!

Seperti yang kita ketahui, bahwa fitur keselamatan menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam kendaraan, termasuk mobil. Pasalnya fitur keselamatan tidak hanya sabuk pengaman saja, melainkan fitur keselamatan lainnya adalah airbag.

Airbag sendiri merupakan sebuah kantong udara yang berperan menjadi perangkat keselamatan tambahan pada sebuah kendaraan. Airbag pada mobil ini berguna untuk meminimalisir terjadinya cedera penumpang ketika mobil tersebut mengalami tabrakan atau kecelakaan.

Meski demikian, tak semua jenis kecelakaan akan membuat beberapa letak airbag pada mobil akan langsung bereaksi atau mengembang. Hanya saja, semua itu rupanya hanya tergantung dengan kondisi, model, merek, hingga jumlah dan letak atau posisinya sendiri.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda sebagai pengendara mobil untuk memahami fungsi dari setiap jenis airbag pada kendaraan tersebut.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin modern, maka airbag tidak hanya terpasang pada bagian depan mobil saja.

Baca Juga: Cara Mengatur Posisi Jok Mobil untuk Kenyamanan Maksimal!

Passenger Airbag

Letak airbag pada mobil yang pertama ini bernama Passenger Airbag yang keberadaannya adalah untuk melindungi penumpang. Terutama adalah untuk para penumpang yang duduknya berada di bagian depan atau samping sang pengemudi mobil tersebut.

Nah, airbag pada jenis yang satu ini juga akan tersimpan di dalam dashboard kendaraan roda empat ini. Bahkan tidak hanya itu saja, sebab ada beberapa yang rupanya juga terpasang pada bagian luar dashboard mobil.

Oleh karena itu, pastikan bahwa airbag tidak terpasang secara bersamaan dengan benda-benda yang mudah terpental. Selain, itu jangan pula terpasang dengan barang atau benda lain yang bisa melukai apabila terkena wajah.

Sebut saja seperti ponsel maupun pajangan yang lain karena ini cukup membahayakan bagi siapa saja yang ada di dalam mobil. Hal ini bertujuan supaya terhindar dari terpental hanya karena airbag-nya mengembang.

Driver Airbag

Letak airbag pada mobil yang kedua ini adalah berada pada bagian depan dan hampir semua mobil pasti sudah memilikinya. Sehingga tak heran jika ini merupakan salah satu jenis airbag pertama yang paling umum ada pada sebuah kendaraan roda empat itu.

Seperti namanya sendiri, bahwa Driver Airbag ini memiliki fungsi tersendiri, salah satunya adalah untuk melindungi si pengemudi atau pengendara. Selanjutnya jenis airbag yang satu ini biasanya juga terletak pada bagian setir maupun pada roda kemudi.

Peletakannya pada bagian depan roda kemudi adalah karena benda ini merupakan yang paling awal terbentur oleh tubuh saat terjadi tabrakan. Sehingga dengan adanya jenis airbag yang satu ini, maka kepala pengemudi tidak akan terbentur ke roda kemudi alias setir.

Sehingga keberadaannya ini sangatlah penting, sehingga tak heran jika semua jenis mobil pasti juga sudah memilikinya. Hal ini begitu penting karena saat terjadi kecelakaan maka pengemudi tidak akan langsung terbentur setir dengan sangat keras.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil dengan Langkah Mudah

Side Airbag dan Curtain Airbag

Seperti namanya, bahwa letak airbag pada mobil ini adalah berada pada bagian samping pengemudi. Sebab airbag penumpang dan pengemudi berguna untuk mengantisipasi benturan hebat dari bagian depan mobil akibat terjadinya kecelakaan.

Guna mengantisipasi hal seperti itu, maka beberapa jenis kendaraan sudah ada yang memiliki sistem airbag samping ini. Biasanya akan terpasang pada bagian sisi terluar maupun sisi yang berdekatan dengan pintu kendaraan dari kursi pengemudi atau penumpang.

Sehingga dengan adanya jenis airbag seperti ini, maka tubuh sang pengemudi pun akan terlindungi dari benturan.

Terakhir adalah Curtain Airbag yang biasanya akan terpasang pada bagian dalam kendaraan sebuah mobil. Khusus jenis airbag yang satu ini biasanya hanya dimiliki oleh beberapa kendaraan dengan fitur keselamatan yang lebih baik.

Keberadaan jenis airbag yang satu ini juga mampu untuk melindungi kepala maupun leher penumpang dan pengemudi mobil. Terutama ketika mobil terjungkal akibat dari terjadinya insiden kecelakaan.

Beberapa jenis dan letak airbag pada mobil memang berbeda-beda, sehingga tak heran jika fungsinya juga berbeda pula. Setelah Anda tahu jenis dan fungsinya, maka penting bagi Anda untuk selalu merawat keberadaannya agar tidak mudah rusak. (R10/HR-Online)