Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita CiamisMacan Gunung Sawal Ciamis Kembali Turun ke Kampung, Warga Harus Waspada!

Macan Gunung Sawal Ciamis Kembali Turun ke Kampung, Warga Harus Waspada!

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Macan Gunung Sawal Ciamis kembali memangsa ternak milik warga. Dalam sepekan terakhir ini, binatang puas tersebut telah memangsa 8 ekor ayam milik warga Desa Sukamaju, dan Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Dusun Sukamaju, Lili mengatakan, kuat dugaan bahwa binatang buas itu adalah macan dari kawasan Gunung Sawal yang kembali memasuki pemukiman penduduk. Peristiwa tersebut terjadi pada malam Rabu dan malam Jumat lalu.

“Warga menduga binatang buas yang memangsa ternak ayam milik Bapak Sulaeman itu adalah macan. Begitu juga yang terjadi pada malam Rabu memangsa enam ekor ayam milik Aman dan Enceng Dayat warga Dusun Sukaratu, Desa Talagasari,” ujarnya, Minggu (25/09/2022).

Atas kejadian tersebut, kata Lili, jalan yang selama ini dianggap sebagai tempat perlintasan binatang buas tersebut telah dipasang kamera traf oleh petugas BKSDA.

Baca Juga : Macan Kumbang Turun Gunung, Warga Ciamis Diimbau Tak Pergi ke Hutan

Banyak Jejak Telapak Macan Gunung Sawal Ciamis

Kepala Desa Talagasari, Kusnadi membenarkan mengenai adanya kejadian itu. Sejauh ini masyarakat juga sudah mendapatkan sosialisasi tentang konflik tersebut.

“Pada intinya binatang buas macan itu takut dengan bunyi-bunyian, seperti suara kentongan atau petasan. Macan juga bisa menghindar atau menjauh apabila ada bau-bauan seperti bau asap obat nyamuk,” kata Lili.

Meski demikian, masyarakat yang pergi ke hutan harus tetap waspada. Sebab, jejak telapak macan Gunung Sawal itu banyak warga temukan di sejumlah tempat. “Ya, harus tetap waspada,” pungkas Kusnadi. (Dji/R3/HR-Online/Editor-Eva)