Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Mampu Mengatasi Anemia!

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan, Mampu Mengatasi Anemia!

Manfaat buah sawo untuk kesehatan sebenarnya ada banyak sekali. Sawo sendiri adalah salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah Tropis. Teksturnya lembut, ternyata buah sawo merupakan makanan sehat yang kaya akan manfaat.

Selain itu, aroma dan rasanya yang manis, maka buah yang satu ini seringkali dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Namun siapa sangka, ternyata sawo ini memiliki banyak khasiat yang tidak terduga lho! Apa saja?

Baca Juga: Buah untuk Mengatasi Sembelit, Ini Rekomendasi yang Terbaik!

Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

Sawo sendiri adalah salah satu buah tropis yang asalnya dari Meksiko Selatan, Kepulauan Karibia, dan Amerika Serikat. Meski demikian, buah yang satu ini juga banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, tak terkecuali Indonesia.

Sementara itu, penampakan luar buah ini memang hampir sama seperti kiwi, dengan kulit kecoklatan tapi dagingnya berwarna coklat. Teksturnya lembut sedikit berpasir serta memiliki biji yang kecil berwarna hitam.

Tak hanya rasanya saja yang manis, namun kandungan dari buah ini kaya akan nutrisi seperti mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Banyaknya kandungan seperti itu, maka tak heran bahwa buah ini memiliki banyak khasiat yang tidak terduga untuk kesehatan manusia.

Baca Juga: Makanan untuk Mengecilkan Miom yang Baik untuk Dikonsumsi

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah sawo untuk kesehatan yang pertama ini adalah baik untuk menjaga jantung kita supaya tetap sehat. Hal ini karena buah sawo memiliki kandungan berupa karoten tinggi yang bagus untuk jantung.

Nah, karoten pada sawo ini juga bersifat anti inflamasi yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk pembuluh darah jantung. Sehingga cukup efektif pula untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Walaupun sawo banyak memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, namun tubuh juga perlu mendapat asupan nutrisi yang lain. Artinya Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi dari sumber makanan sehat lain agar sawo tetap bermanfaat untuk jantung.

Baca Juga: Manfaat Buah Black Sapote Cukup Beragam, Miliki Rasa Unik!

Mampu Mencegah Anemia

Siapa sangka ternyata sawo merupakan salah satu jenis buah tropis yang bisa mencegah terjadinya anemia. Hal ini telah terbukti oleh pakar kesehatan yang menyatakan bahwa sawo memiliki kandungan berupa zat besi yang sangat tinggi.

Nah, berkat adanya kandungan zat besi seperti ini, maka bisa membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah dengan baik. Sehingga dengan demikian mampu untuk mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah.

Sementara bagi seorang perempuan yang lebih berisiko terkena anemia ini ketika menstruasi, sebaiknya mengonsumsi buah ini saja. Mereka bisa mengonsumsi buah ini menjelang maupun sesudah fase hadir atau menstruasi.

Sebenarnya manfaat buah sawo untuk kesehatan itu masih ada banyak, sebut saja seperti mampu untuk menjaga kesehatan mata seseorang. Hal ini karena berkat adanya kandungan berupa vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. (R10/HR-Online)