Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan, Efektif Mengobati Typus

Manfaat Rumput Belulang untuk Kesehatan, Efektif Mengobati Typus

Manfaat rumput belulang sebenarnya ada banyak sekali. Rumput belulang ini merupakan salah satu jenis tanaman yang kaya akan manfaat. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui apa saja khasiat dari tanaman obat ini.

Parahnya lagi, rumput yang satu ini juga seringkali dianggap sebagai sebuah hama oleh para petani. Namun siapa sangka, ternyata tanaman liar seperti ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan yang tidak terduga.

Baca Juga: Manfaat Daun Lompong, Efektif Mengatasi Masalah Pencernaan!

Manfaat Rumput Belulang yang Penting Anda Ketahui

Rumput belulang alias rumput tulang (eleusine indicia) adalah salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Meski demikian, rupanya tumbuhan yang satu ini juga memiliki nama yang berbeda-beda setiap daerah.

Biasanya tanaman ini seringkali tumbuh pada kondisi lembab dan pada tempat yang terbuka, termasuk halaman rumah. Tidak hanya itu saja, melainkan rumput ini juga sering tumbuh di sekitaran jalan setapak, area persawahan, sampai dengan kebun.

Walaupun termasuk jenis rumput, namun siapa sangka ternyata tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Sehingga Anda sendiri bisa menggunakan rumput ini sebagai alternatif pengobatan tradisional secara efektif dan simpel.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Jenggot Musa, Bisa Mengobati Penyakit Bahaya!

Mampu Menyembuhkan Luka

Manfaat rumput belulang yang pertama ternyata efektif dan mampu untuk menyembuhkan luka yang berdarah. Seperti yang kita tahu bahwa sejak zaman dahulu, banyak orangtua yang menyarankan supaya rumput dihancurkan untuk kemudian tempelkan pada area luka.

Hal ini terbukti bahwa tanaman ini bisa untuk mengurangi pendarahan serta menyembuhkan luka pada kulit manusia. Pasalnya adanya kandungan berupa antioksidan tinggi dari rumput ini efektif untuk menyembuhkan luka. Sehingga tidak heran bahwa akar dari rumput belulang ini sangat berguna sebagai obat herbal setelah melahirkan.

Selain itu, Anda maupun siapa saja yang terluka karena jatuh mungkin, bisa memanfaatkan daun ini untuk menyembuhkan luka dan juga meredam pendarahan.

Baca Juga: Manfaat Daun Sambang Darah, Mampu untuk Menyembuhkan Luka!

Mengatasi Penyakit Typus

Ternyata sudah sejak lama masyarakat khususnya Jawa yang memanfaatkan air rebusan dari rumput belulang ini. Salah satunya adalah untuk meredakan demam akibat dari penyakit typus.

Hal ini terbukti berkat adanya kandungan seperti lemak, tanin, protein, saponin, polifenol, dan lain sebagainya. Jadi tak heran apabila meminum air rebusan rumput ini bisa mengatasi penyakit typus pada manusia.

Bahkan rumput liar ini juga banyak mengandung antioksidan tinggi yang baik dan bisa mencegah munculnya kanker pada tubuh. Sehingga tak heran jika mengonsumsi ramuan herbal dari belulang ini dapat cegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Sebenarnya masih ada banyak manfaat rumput belulang bagi kesehatan, salah satunya baik untuk ginjal. Terutama bagi orang-orang yang memiliki batu ginjal, maka bisa mengonsumsi akar rumput ini sebagai jamu tradisional. (R10/HR-Online)