Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Rumput Teki Jarang Diketahui, Bisa Mengatasi Nyeri Haid!

Manfaat Rumput Teki Jarang Diketahui, Bisa Mengatasi Nyeri Haid!

Manfaat rumput teki memang cukup banyak, terutama untuk kesehatan. Sayangnya rumput teki ini seringkali dipandang dengan sebelah mata. Namun siapa sangka, ternyata rumput yang satu ini menyimpan banyak manfaat yang tidak terduga sebagai tanaman obat.

Hal ini karena bagian umbi pada rumput ini ada kandungan zat baik yang bisa berguna sebagai obat herbal lho! Walaupun rasanya sedikit pahit, tapi aromanya wangi dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh seperti mengatasi kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Daun Balakacida untuk Tubuh, Mampu Mengatasi Luka!

Manfaat Rumput Teki yang Penting Anda Ketahui

Teki sendiri merupakan salah satu jenis rerumputan yang sering tumbuh di pekarangan rumah dan sering mengganggu.

Memang ada banyak orang yang menganggapnya sebagai gulma, sehingga banyak yang sering membasminya.

Namun siapa sangka ternyata jenis rumput yang satu ini menyimpan banyak manfaat yang tidak terduga untuk kesehatan. Bahkan rumput ini juga sudah banyak dimanfaatkan oleh beberapa negara Asia untuk mengobati beberapa penyakit.

Rumput yang sering tersingkirkan ini ternyata banyak mengandung senyawa kimia seperti mineral, kalsium, vitamin, dan lain sebagainya.

Nah, tak heran jika teki memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia. Lalu apa saja manfaatnya?

Baca Juga: Manfaat Daun Kale untuk Kesehatan, Mampu Mencegah Kanker!

Mampu Atasi Masalah Pencernaan

Manfaat rumput teki yang pertama ini adalah mampu untuk mengatasi berbagai masalah pada pencernaan seseorang. Pasalnya rimpang dari rumput teki berguna sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati masalah pencernaan seperti gangguan usus.

Hal ini berkat adanya kandungan kimiawi dalam tanaman tersebut yang efektif sebagai obat untuk memerangi gangguan pencernaan.

Tak hanya itu saja, namun rumput teki ini juga memiliki beberapa senyawa aktif dan enzim untuk merangsang reaksi biokimia.

Sehingga dengan demikian bisa membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan agar menjadi lebih baik lagi. Nah, untuk bisa mendapatkan manfaatnya, maka Anda bisa merebusnya kemudian minum air rebusan itu secara teratur.

Baca Juga: Manfaat Akar Bayam untuk Kesehatan, Mampu Atasi Keputihan!

Meringankan Nyeri Haid

Siapa sangka ternyata rumput teki yang sering tumbuh liar seperti ini berguna untuk meringankan nyeri hadi wanita.

Memang kebanyakan kaum hawa ini sering mengeluhkan rasa sakit ketika mereka sedang datang bulan atau menstruasi.

Mereka juga sering mengalami kram perut yang luar biasa hingga merasakan lemas dan tidak bisa melakukan aktivitas harian. Ternyata rumput teki ini bisa sebagai obat herbal dalam mengatasi gangguan menstruasi tersebut.

Jika Anda sering mengeluhkan rasa sakit ketika haid, maka bisa mencoba resep alami dari umbi rumput teki yang satu ini. Cukup mudah, pertama bisa membersihkan rumput kemudian haluskan dan rebus sampai mendidih.

Saring air rebusan tadi dan minum airnya secara teratur supaya rasa sakitnya benar-benar hilang.

Sebenarnya manfaat rumput teki juga masih banyak, seperti mempercepat penyembuhan luka dan mengobati sakit maag. Namun setelah Anda tahu beberapa manfaatnya itu, mungkin kini tak akan pernah lagi meremehkan rumput yang satu ini. (R10/HR-Online)