Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruManfaat Umbi Garut untuk Lambung, Ini Cara Mengkonsumsinya!

Manfaat Umbi Garut untuk Lambung, Ini Cara Mengkonsumsinya!

Manfaat umbi garut untuk lambung memang jarang yang tahu. Padahal keberadaan umbi yang satu ini sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sehingga tidak heran jika ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari umbi garut, terutama untuk lambung.

Umbi garut sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang sebenarnya bukan berasal dari negara Indonesia. Banyak yang menduga bahwa tanaman ini berasal dari daerah garut, padahal aslinya berasal dari Filipina dan bisa kita jumpai di Amerika.

Baca Juga: Manfaat Umbi Ganyong yang Kaya Pati Sekaligus Berkhasiat Obat

Manfaat Umbi Garut untuk Lambung dan Kesehatan Manusia

Rupanya penggunaan umbi garut untuk meredakan asam lambung saat ini sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat. Walaupun umbi garut ini kurang populer daripada jenis umbi-umbian lain, namun keberadaannya ternyata tidak kalah.

Bagaimana tidak, pasalnya umbi garut ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti mengatasi asam lambung. Sementara itu salah satu kandungan yang paling terkenal adalah zat pati dan bisa menjadi bahan dasar sebagai pengganti tepung terigu.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga sebagai sumber karbohidrat terbesar sehingga cocok untuk kesehatan manusia. Sehingga bagi Anda yang mengalami masalah pada lambung, maka bisa mengkonsumsi garut maupun tepung patinya sebagai pengobatan.

Baca Juga: Manfaat Rumput Teki Jarang Diketahui, Bisa Mengatasi Nyeri Haid!

Sebagai Obat Sakit Lambung

Manfaat umbi garut untuk lambung ini sangat efektif sebagai obat pereda rasa nyeri atau sakit pada bagian lambung. Bagaimana tidak berkat adanya kandungan dari sari patinya maka mampu untuk meningkatkan kadar pH lambung.

Sehingga dengan demikian maka bisa langsung menurunkan jumlah maupun luka yang ada pada lambung tersebut. Selain itu dalam umbi ini juga sebagai sumber makanan prebiotik yang mana mengandung banyak pati resisten.

Seperti yang kita tahu bahwa pati resisten seperti ini bisa masuk ke dalam usus besar kemudian berubah menjadi probiotik yang baik. Nah sehingga usus akan terhindar dari bakteri jahat yang bisa membuat beberapa penyakit muncul termasuk gangguan lambung.

Baca Juga: Manfaat Ketela Pohon untuk Gigi, Pencernaan dan Mata Panda

Bagaimana Cara Mengkonsumsinya?

Dalam mengkonsumsi umbi garut ini sebenarnya ada banyak, sebab keberadaannya bisa kita olah menjadi berbagai macam jenis makanan. Bagi penderita asam lambung, maka mereka bisa memarut kemudian memerasnya sampai keluar sari-sarinya.

Tidak hanya itu saja, melainkan Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menjadi tepung garut. Jadi tepung ini nantinya bisa Anda masak menjadi bubur sumsum untuk kemudian Anda konsumsi.

Atau mungkin Anda juga bisa merebusnya dengan campuran gula aren dan daun pandan lalu masukkan tepung pati garut tersebut. Masak adonan tersebut dengan api sedang dan tunggu sampai bubur berubah menjadi warna bening kecoklatan.

Tak hanya itu, namun Anda juga bisa mengolahnya dengan cara merebusnya atau membuatnya menjadi emping garut. Selain hanya memiliki nilai gizi dan rasa yang khas, maka olahan dari bahan dasar umbi garut ini sangat bermanfaat.

Sehingga manfaat umbi garut untuk lambung sudah tidak bisa kita ragukan lagi. Bahkan selain itu, ada manfaat lain yang bisa kita peroleh yakni mampu mengurangi resiko anemia. (R10/HR-Online)