Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruMisteri Kebakaran Hutan Meteorit Jutaan Tahun Lalu Terungkap!

Misteri Kebakaran Hutan Meteorit Jutaan Tahun Lalu Terungkap!

Misteri kebakaran hutan meteorit ilmuwan coba ungkapkan. Fenomena kebakaran hutan meteorit sudah menjadi misteri sejak lama. Bahkan para ilmuwan menduga bahwa fenomena alam ini menjadi salah satu penyebab musnahnya dinosaurus dan hewan purba lain.

Menurut sejarahnya, Bumi pernah terkena hantaman dari batu luar angkasa atau meteor. Itu menyebabkan kehidupan hewan purba musnah dan juga terbakarnya puluhan ribu kilometer hutan di Bumi.

Baca Juga: Ada Meteor Menuju Bumi, Satu Diantaranya Hantui New York

Misteri Kebakaran Hutan Meteorit 66 Juta Tahun Lalu

Kehidupan purbakala di Bumi memang selalu berhasil membuat siapa saja penasaran. Hal itu karena tidak ada satupun orang yang benar-benar tahu apa saja yang terjadi di masa lalu.

Salah satu misteri yang populer adalah bagaimana dinosaurus dan berbagai hewan purba lainnya musnah dalam jangka waktu singkat dari Bumi. Banyak studi yang mengatakan bahwa mereka musnah akibat kebakaran.

Kebakaran tersebut sangatlah dahsyat karena berasal dari meteor yang masuk ke dalam atmosfer Bumi.

Baca Juga: Keadaan Bumi Zaman Dulu, Disebut Dunia Air dan Hanya 23,5 Jam Sehari

Terjatuh di Daerah Meksiko Saat Ini

Sebuah meteorit raksasa jatuh ke Bumi dan secara singkat memusnahkan dinosaurus dan berbagai makhluk hidup pada saat itu.

Setelah penelitian beberapa saat, terungkap bahwa ukuran dari meteorit tersebut adalah sekitar 6 mil. Meteorit tersebut menghantam wilayah semenanjung Yucatan atau wilayah Meksiko sekarang.

Jatuhnya meteor tersebut pada akhirnya menyebabkan kebakaran hutan yang sangat besar. Kebakaran inilah yang sebenarnya menjadi penyebab musnahnya lebih dari tiga perempat spesies tumbuhan dan hewan yang hidup di Bumi pada saat itu.

Perdebatan mengenai misteri kebakaran hutan meteorit ini sudah muncul sejak dulu kala. Para ilmuwan selalu mencari tahu bagaimana keadaan saat kebakaran itu terjadi.

Baca Juga: Fakta Hujan Meteor Bootid, Puncaknya Terjadi Minggu Ini

Membakar Hingga 2.500 Km Hutan

Dengan menganalisis berbagai fosil batuan, sekelompok tim ahli geologi dari UK, Brazil, dan juga Mexico baru saja menemukan apa yang terjadi sebenarnya.

Hasil analisis yang mereka dapatkan memperlihatkan bahwa kebakaran menyebar dengan sangat cepat. Dalam beberapa menit setelah meteor menyentuh permukaan Bumi, kebakaran menyebar hingga sebesar 2.500 km.

Pada studi terbaru, tim ilmuwan mengatakan bahwa kebakaran hutan akibat meteorit yang jatuh juga terjadi dalam waktu singkat saja, akibat buruk dari tsunami besar yang ikut membawa pohon hangus ke lepas pantai.

Melalui studi tersebut pula, para ilmuwan melakukan penelitian pada fosil dahan pohon. Hasilnya ditemukan bahwa api sudah menyala sesaat setelah pohon-pohon tersebut terbawa arus.

Ilmuwan menyimpulkan bahwa ini bisa merupakan akibat bola api yang besar atau dari suhu panas milik batuan yang meleleh dari atmosfer Bumi.

Ben Kneler, Professor dari University of Aberdeen’s School of Geosciences yang merupakan salah satu penulis studi mengatakan bahwa hingga kini masih menjadi perdebatan.

Terkait apa yang menyebabkan kepunahan berbagai flora dan fauna purba. Menurutnya, kepunahan bisa terjadi ketika terjadinya misteri kebakaran hutan meteorit atau justru karena terkena dampak setelah peristiwa berlangsung. (R10/HR-Online)