Jumat, September 30, 2022
BerandaBerita BanjarMobil Box Tabrak Portal Pembatas Ketinggian Jembatan di Banjar

Mobil Box Tabrak Portal Pembatas Ketinggian Jembatan di Banjar

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Sebuah mobil box D 8432 VT tabrak portal pembatas ketinggian jembatan baru, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat. Peristiwa tersebut terjadi Sabtu (17/9/2022) pukul 19.00 WIB.

Jembatan tersebut diketahui merupakan akses penghubung warga Banjar menuju Jalan Nasional. Portal pembatas ketinggian tersebut baru dipasang pada Jumat (16/9/2022). Tujuannya untuk membatasi kendaraan besar masuk dan mengurangi beban jembatan akibat beberapa tiang penyangganya patah.

Nanding Fadilah, pengemudi boks, mengaku datang dari arah Bandung menuju Kota Banjar. Sebelum kejadian, pengemudi mobil box melihat posisi lampu traffic light sedang hijau. Nanding pun langsung tancap gas belok ke arah Terminal.

Baca Juga: Pasca Tiang Pancang Patah, Kendaraan yang Melintas Jembatan Baru Banjar Dibatasi

Nanding mengaku tidak melihat ada peringatan larangan sebelumnya. Alhasil, mobil box tersebut langsung menabrak portal tersebut.

“Saat saya jalan lampu stopan menyala hijau. Saya langsung belok kiri masuk jembatan. Saya nggak lihat ada tulisan, setelah itu nabrak pembatas,” kata Nanding.

Sementara itu, Petugas Dinas Perhubungan Kota Banjar Endar Suhendar menduga pengemudi mobil box tersebut kurang hati-hati. Sehingga tidak mengetahui papan peringatan kendaraan besar tidak boleh melintas.

Endar menyebut, jarak 200 meter sebelum traffic light sudah ada papan imbauan kendaraan besar tidak boleh melintas. Pada pertigaan arah belok kendaraan menuju jembatan juga sudah terpasang road barrier.

“Sudah ada papan imbauan. Pertigaan juga kami pasang road barrier. Mungkin kurang mengetahui sudah mulai pembatasan tonase,” kata Suhendar.

Lanjutnya, meski begitu tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun portal pembatas ketinggian itu mengalami kerusakan. Sopir kendaraan juga sudah berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk mengganti kerusakan.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya akan mempersempit akses jalan menggunakan road barrier. (Muhlisin/R9/HR-Online/Editor-Dadang)