Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruNeraka Paling Dingin Adalah Zamharir Tempat Kembali Orang Kafir

Neraka Paling Dingin Adalah Zamharir Tempat Kembali Orang Kafir

Neraka paling dingin apakah ada? Mungkin pertama kali mendengar hal tersebut banyak yang tidak percaya. Bagaimana menurut ajaran Islam soal neraka ini?

Karena memang neraka yang dikenal sebagai tempat yang di dalamnya terdapat banyak kobaran api, siksaan. Sehingga neraka itu merupakan tempat kembali yang benar-benar merugikan.

Apakah karena dingin tersebut sehingga menjadikan neraka yang satu ini bukan untuk menyiksa? Mungkin juga banyak yang bertanya akan hal ini.

Neraka selalu menjadi tempat kembali yang buruk bagi umat manusia. Bahkan ketika ditanya pun tidak ada satu orang yang ingin menjadi penghuninya.

Sehingga tidak heran apabila dalam Islam terdapat perintah untuk kita melakukan atau memperbanyak amal saleh.

Karena memang apa yang kita lakukan selama hidup di dunia itu kelak akan menjadi bekal untuk akhirat. Barang siapa yang tidak mau menjadi penghuni neraka maka, gunakanlah kesempatan hidup di dunia itu untuk melakukan amal kebaikan.

Tapi barang siapa yang ingin merasakan siksa neraka yang kejam, maka sebaliknya.

Baca juga: Sedekah dengan Harta Haram Justru Menjerumuskan ke Dalam Neraka

Neraka Paling Dingin, Apakah Ada?

Ternyata selama ini kita itu salah. Mengapa demikian? Pasalnya neraka itu tidak hanya bersifat panas saja. Tetapi ada neraka dingin yang menyiksa.

Dalam hal ini nabi bersabda yang terdapat dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya adalah, “Neraka itu mengadu kepada rabbnya sembari berkata, Wahai Tuhanku, sebagian ku (api) saling memakan satu sama lainnya”.

Maka dengan demikian itu Allah mengizinkan neraka untuk berhembus dua kali. Pertama ketika musim dingin kemudian kedua adalah saat musim panas.

Dengan demikian itu juga bisa dikatakan bahwa hawa panas yang kita rasakan sekarang ini merupakan hembusan api dari neraka. Sedangkan Hawa dingin yang kita rasakan merupakan hawa yang berasal dari neraka paling dingin tersebut.

Bukan hanya terdapat dalam hadits riwayat Bukhari Muslim mengenai neraka paling dingin ini. Karena dalam Al Quran surat Shaad ayat 57 juga menjelaskan akan hal tersebut.

Baca juga: Misteri Sumur Neraka Yaman, Penjelajah Turun ke Dasar

Zamharir Jahannam

Ketahuilah bahwa neraka yang paling dingin itu merupakan zamharir jahanam. Allah mengatakan bahwa zamharir jahannam itu merupakan rumah orang kafir.

Mereka akan dilemparkan ke dalamnya, kemudian terasing sebab dahsyatnya kedinginan. Dinginnya zamharir jahanam tersebut menyiksa penghuni yang menyebabkan kulit-kulit itu menjadi tertanggal.

Zamharir sendiri artinya adalah dingin yang beku. Meskipun dingin, orang-orang yang menjadi penghuni zamharir jahanam meminta pertolongan pada panasnya neraka.

Abdul Malik bin Umar mengatakan, telah sampai kepadaku mengenai penduduk neraka yang meminta tolong kepada penjaga neraka supaya bisa keluar meskipun hanya di pinggir neraka.

Mereka pun akhirnya bisa sampai ke pinggir neraka tetapi kemudian disambar langsung oleh zamharir atau dinginnya neraka.

Sambaran zamharir tersebut menyebabkan mereka kembali ke neraka semula. Tapi mereka juga sudah menemukan dingin yang tidak mereka dapatkan.

Seperti penjelasan hadits riwayat Muslim sebelumnya bahwa Allah itu mengizinkan neraka berhembus dua kali. Sehingga, sama seperti halnya kehidupan yang memiliki lawan.

Ada surga ada neraka. Kemudian ada di neraka panas dan ada neraka paling dingin.

Baca juga: Tingkatan Neraka dan Penghuninya dalam Islam, Semoga Menyadarkan

Tidak Mendapat Minuman

Apakah orang-orang penghuni Neraka itu akan mendapatkan minum meskipun berada di neraka paling dingin tersebut? Tentu tidak. Dalam hal ini Allah juga berfirman yang terdapat dalam Al Quran surat An Naba ayat 24 sampai dengan 26.

Artinya adalah, “Mereka itu tidak merasakan kesejukan di dalamnya, serta tidak mendapatkan minuman. Kecuali air yang mendidih serta nanah yang menjadi balasan setimpal”.

Sungguh sangat dahsyat bukan kekuasaan Allah itu? Padahal mereka berada di neraka paling dingin tapi dalam Al Quran sudah menjelaskan bahwa penghuninya tidak akan merasakan kesejukan selama di dalamnya.

Ghassaq merupakan cairan nanah yang keluar dari tubuh para penghuni neraka. Baunya sangat busuk menyengat. Sungguh naudzubillahimindzalik.

Semoga kita menjadi umat manusia yang tidak termasuk golongan penghuni neraka paling dingin maupun panas. Mari bersama menjadi umat muslim yang terus mengajarkan diri untuk selalu berbuat baik. Sesuai dengan ajaran Islam, menjalankan yang wajib dan yang sunnah. (Muhafid/R6/HR-Online)