Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruObjek Terbesar di Alam Semesta Apa Saja? Ini Penjelasannya!

Objek Terbesar di Alam Semesta Apa Saja? Ini Penjelasannya!

Objek terbesar di alam semesta pasti berukuran sangat besar. Hingga kini di alam semesta terdapat beberapa objek terbesar yang teridentifikasi. Kira-kira, berapa ukuran dari objek alam semesta tersebut?

Bumi hanyalah satu dari sekian banyak objek di alam semesta. Apabila Anda berpikir Bumi ini sudah luas dan besar karena dapat jutaan manusia huni, maka Anda akan terkejut melihat ukuran benda terbesar alam semesta.

Hingga kini para ilmuwan sudah mengidentifikasi beberapa benda yang berukuran sangat besar. Apa saja itu?

Baca Juga: Objek Terjauh di Alam Semesta Berupa Galaksi Berhasil Ditemukan

Menakjubkan, Ini Objek Terbesar di Alam Semesta!

Seberapa besar alam semesta ini? Jika mendapat pertanyaan itu, maka tidak ada yang bisa menjawabnya dengan pasti.

Sebab, hingga kini masih belum ada satupun manusia yang dapat menguak seberapa luas alam semesta. Akan tetapi, yang pasti alam semesta ini sangat luas.

Hal itu terlihat dari benda-benda yang sejauh ini sudah para ilmuwan identifikasi. Benda tersebut pastinya berukuran sangat beragam.

Namun begitu, jika Anda melihat ukuran objek-objek paling besar di dalamnya, maka akan sangat tercengang dan membayangkan seberapa masifnya alam semesta ini.

Baca Juga: Galaksi di Sekitar Bima Sakti yang Paling Terkenal di Dunia!

Entitas Tunggal Terbesar

Para ilmuwan mengidentifikasi entitas tunggal terbesar yang pernah ada. Entitas tersebut adalah sebuah supercluster galaksi yang bernama Hercules-Corona Borealis Great Wall atau Tembok Besar Hercules-Corona Borealis.

Galaksi ini sangat luas sehingga cahaya membutuhkan sekitar 10 miliar tahun untuk dapat bergerak melintasi seluruh strukturnya.

Sebagai perbandingannya, cahaya Matahari bahkan hanya butuh waktu 9 menit menerangi Bumi.

Bintang Terbesar

Kemudian objek terbesar di alam semesta yang tidak kalah menarik berasal dari kelompok bintang. Sejauh ini, bintang terbesar yang pernah teridentifikasi adalah UY Scuti.

Bintang tersebut bahkan dapat menampung lebih dari 1.700 Matahari. Beberapa bintang raksasa juga memiliki ukuran yang hampir sama seperti UY Scuti.

Untuk ukurannya sendiri, UY Scuti berukuran sekitar 30 kali lipat lebih besar daripada Matahari di Tata Surya. Perbandingan ini membuktikan betapa megahnya bintang UY Scuti dan sebesar apa energi yang mereka hasilkan.

UY Scuti bahkan membuat Matahari di Tata Surya terlihat tidak ada apa-apanya. Padahal, Matahari merupakan bintang yang sangat besar jika terlihat dari Bumi.

Baca Juga: Karakteristik Bintang Quasar yang Menakjubkan dan Sejarahnya!

Planet Terbesar

Menurut Anda mungkin Bumi sudah sangat besar. Hal itu memang wajar karena Bumi memiliki ukuran sekitar 24.901 mil atau 40.075 kilometer lingkar khatulistiwanya.

Namun ternyata, berdasarkan dari skema kosmik, Bumi masih bukan apa-apa. Bahkan Bumi termasuk planet kecil atau berukuran normal.

Di Tata Surya ini, planet terbesar adalah Jupiter. Ukuran planet ini jauh lebih besar dari Bumi dengan unsur gas di dalamnya.

Planet Jupiter dapat menampung lebih dari 1.300 planet seukuran Bumi di dalamnya. Hal itu sangat mengesankan.

Selain itu, objek terbesar di alam semesta yang masih menjadi pertimbangan adalah lubang hitam, khususnya lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti yang memiliki 4 juta kali massa Matahari. (R10/HR-Online)