Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita BisnisPanduan Investasi Lestari Dukung Praktik Berkelanjutan

Panduan Investasi Lestari Dukung Praktik Berkelanjutan

Panduan investasi Lestari telah disiapkan untuk meningkatkan kapasitas perusahaan. Apalagi mengingat investasi lestari membutuhkan panduan yang tepat. Pihak pemerintah sendiri telah mengadakan adanya hal tersebut yang bekerjasama dengan kementrian investasi atau BKPM.

Adanya panduan investasi ini bertujuan untuk lebih dapat mengendalikan kegiatan tersebut menjadi lebih baik.

Baca Juga: Kebijakan Investasi di Indonesia Menurut Undang-Undang

Panduan Investasi Lestari dari Kadin

Kadin atau Kamar Dagang dan Industri Indonesia terus mendukung adanya praktik berkelanjutan di lingkungan korporasi tanah air. Adanya investasi lestari atau hijau yang kini mulai pemerintah galakkan pada sebuah perusahaan.

Adapun panduan tersebut untuk mempermudah sebuah perusahaan untuk masuk dalam kegiatan. Hal ini seperti yang telah Kadin Indonesia Shinta W Kamdani dalam konferensi pers Road to B20 Sustainability 4.0 Awards ungkapkan.

Ungkapan tersebut bahwasanya jika kondisi ini telah menjadi awal bangkitnya kegiatan bisnis Indonesia. Apalagi di tengah terjadinya krisis iklim dan tuntutan konsumen yang terus meningkat membuat perusahaan harus bertanggung jawab dalam menjalankan operasional.

Dampaknya akan baik terhadap lingkungan atau sosial. Hal ini menimbulkan adanya penilaian dari tim Panel Ahli Katadata Insight Center Mulya Amri terhadap kondisi saat ini.

Ia mengatakan jika belakangan ini semakin banyak perusahaan yang terdorong untuk membangun reputasi secara positif.

Baca Juga: Investasi yang Cocok Berdasarkan Shio, Raih Keberhasilan Anda

Ajang B20 Sustainability 4.0 Awards

Dalam panduan investasi lestari atau berkelanjutan mempermudah perusahaan untuk bergabung. Didukung dengan adanya penghargaan Ajang B20 Sustainability 4.0 Awards.

Menurut Shinta selaku kadin Indonesia, ia mengatakan jika penghargaan tersebut akan menjadi permulaan yang cukup baik untuk perusahaan. Kemudian ajang awards akan mendorong praktik berkelanjutan dalam dunia bisnis.

Bahkan adanya kebijakan tersebut membantu investor lebih mudah menjalankan kegiatan investasi berkelanjutan.

Investor pun lebih mudah mengatasi dampak yang terjadi dari kegiatan investasi terhadap lingkungan maupun sosial masyarakat.

Baca Juga: Pentingnya Investasi Lestari Berkelanjutan Terhadap Dampaknya

Tujuan Adanya Ajang B20 Sustainability 4.0 Awards

Adanya panduan investasi hijau atau berkelanjutan ini menghasilkan dampak positif bagi perusahaan. Sehingga kini banyak perusahaan termasuk UMKM yang melakukan inovasi untuk mendukung adanya investasi lestari.

Sementara itu, investasi lestari bertujuan agar dapat mendorong lebih banyak para pelaku usaha dapat lebih mengutamakan isu sustainability dengan adanya penghargaan tersebut.

Ada banyak perusahaan yang minat untuk masuk pendaftar penghargaan awards tersebut. Adapun kurang lebih 700 pendaftar dalam penghargaan ajang B20 Sustainability 4.0 Awards.

Kemudian tujuan adanya award dalam investasi lestari dapat tercapai dengan baik. Perusahaan akan semakin sadar dengan lingkungan dan mengidentifikasi serta mengenali proyek keberlanjutan.

Selain itu, dampak tinggi dari bisnis swasta di Indonesia yang fokus terhadap air bersih, pengurangan limbah plastik, dan daur ulang menjadi fokus dari penghargaan ini.

Keberadaan sumber daya masyarakat tidak bisa lepas dari peran seorang wanita. Sebagaimana seperti tujuan adanya panduan investasi lestari melalui penghargaan atau award yang membangkitkan semangat perusahaan untuk bisa lebih mementingkan terhadap dampak investasi terhadap lingkungan atau sosial. (R10/HR-Online)