Minggu, September 25, 2022
BerandaBerita TerbaruPantangan Makanan Setelah Cabut Kuku dan Cara Perawatannya

Pantangan Makanan Setelah Cabut Kuku dan Cara Perawatannya

Pantangan makanan setelah cabut kuku baiknya untuk selalu kita hindari. Karena jika tidak, maka akan memperparah keadaan kuku tersebut. Jadi, makanan pantangan ini perlu Anda waspadai atau hindari.

Seperti yang kita tahu, bahwa kuku yang abnormal memang bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Sehingga salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan menjalani operasi cabut kuku saja.

Baca Juga: Makanan yang Dilarang untuk Luka Jahitan, Simak Jenis-jenisnya!

Pantangan Makanan Setelah Cabut Kuku yang Perlu Anda Hindari

Kuku jari sendiri berfungsi sebagai pelindung ujung jari hingga membantu untuk merasakan sesuatu. Akan tetapi apabila ada masalah, maka mau tidak mau kuku harus dicabut dengan melalui prosedur operasi.

Nah jenis operasi cabut kuku sendiri juga berbeda-beda, semua itu biasanya akan tergantung dari kondisi kuku itu sendiri. Namun sebelum operasi, maka jari pasien akan dibius dahulu supaya tidak merasa sakit selama proses berlangsung.

Untuk perawatan pasca operasi, maka perban juga harus ganti secara rutin sesuai dengan instruksi dari sang dokter. Tak hanya itu saja, melainkan ada beberapa makanan yang perlu mereka hindari supaya kondisinya cepat membaik.

Baca Juga: Makanan Penyebab Lipoma dan Pantangan Pasca Operasi, Simak!

Ikan-ikanan

Pantangan makanan setelah cabut kuku adalah sejenis ikan-ikanan. Ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh untuk Anda konsumsi pasca operasi.

Terlebih lagi jika Anda memiliki alergi terhadap beberapa makanan tertentu, sebaiknya hindari saja supaya tidak membuat alergi kambuh. Bahkan jika Anda paksa, kemungkinan besar akan mengganggu proses penyembuhan.

Akan tetapi bagi mereka yang tidak memiliki alergi terhadap ikan-ikanan, masih tetap bisa mengonsumsinya. Asalkan dengan porsi sewajarnya saja, supaya tidak membahayakan kuku setelah melakukan tindakan operasi.

Baca Juga: Makanan yang Menyebabkan Gatal Penting Diketahui, Apa Saja?

Perawatan yang Benar

Tak hanya itu saja, melainkan setelah cabut kuku maka efek dari obat biusnya akan hilang dan jari bisa terasa sakit. Sehingga dengan demikian membutuhkan obat penghilang rasa sakit tersebut, misalnya seperti paracetamol.

Selanjutnya jari juga harus diperban selama kurang lebih 2 minggu, jangan sampai jari sampai terkena air. Hindari pula olahraga berat yang bisa membuat area kuku menjadi terluka.

Jika Anda mencium bau tak sedap pada luka bahkan sampai keluar nanah dan tepi luka kemerahan, maka lakukan konsultasi ke dokter.

Sebagai informasi lagi bahwa operasi cabut kuku adalah tindakan sebagai bentuk pengobatan terhadap beberapa masalah pada kuku. Nah setelah operasi maka Anda juga harus bisa selalu menjaga dan merawat supaya cepat sembuh.

Beberapa pantangan makanan setelah cabut kuku baiknya juga harus Anda hindari supaya tidak memperparah kondisi. Karena apabila Anda memaksanya untuk memakan, kemungkinan besar akan lebih lama sembuhnya. Selain makanan di atas, beberapa makanan yang bisa membuat luka tidak cepat kering adalah telur, ada baiknya Anda menghindarinya. (R10/HR-Online)