Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita BisnisPenerapan Strategi Blue Ocean pada Perusahaan, Begini Tipsnya

Penerapan Strategi Blue Ocean pada Perusahaan, Begini Tipsnya

Penerapan strategi blue ocean pada perusahaan digunakan untuk menghadapi persaingan. Blue Ocean merupakan penerapan strategi yang tidak ada persaingan. Strategi ini tidak bisa dilakukan sembarangan.

Sebab butuh kecerdasan dan kreativitas dalam melihat pasar. Bahkan untuk biaya yang digunakan relatif lebih besar dibanding dengan strategi bisnis lainnya.

Baca Juga: Strategi Manajemen Konflik dalam Perusahaan dan Bisnis

Mengenal Penerapan Strategi Blue Ocean pada Perusahaan

Blue Ocean strategi memang banyak diterapkan pada beberapa perusahaan. Sistem marketing dengan strategi ini cukup unik karena membuka peluang pasar baru pada konsumen.

Peluang tersebut tidak pernah terpikir oleh kompetitor. Dengan adanya strategi Blue Ocean akan efektif dalam persaingan bisnis.

Apalagi kini persaingan semakin ketat dan membuat para pengusaha harus bisa berpikir lebih cerdas lagi. Adanya strategi pemasaran inovatif dan kreatif mampu membuat perusahaan bertahan dan terus tumbuh.

Untuk itu, perlu bagi para pengusaha untuk menerapkan inovasi bisnis yang tidak terpikir oleh kompetitor. Agar lebih jelas ada baiknya untuk tahu apa pengertian dari Blue Ocean strategi terlebih dulu.

Baca Juga: Perbedaan Spin Off dan Split Off pada Perusahaan, Wajib Tahu!

Pengertian Strategi Blue Ocean

Definisi dari Blue Ocean adalah strategi bisnis yang memberikan keuntungan dan pertumbuhan pada bisnis dengan unik. Strategi ini mengajarkan cara untuk bagaimana membangun sebuah bisnis yang tidak pernah terpikir oleh pesaing.

Pada dasarnya penerapan strategi Blue Ocean pada perusahaan lebih memanfaatkan pasar. Salah satunya caranya dengan menciptakan permintaan baru bagi jumlah konsumen yang sama. Ilmu strategi terciptanya permintaan yang berbeda serta lebih inovatif dibandingkan dengan lainnya.

Cara ini akan efektif dalam rangka menarik konsumen dengan berbagai produk baru. Karena berbeda dengan para pesaing membuat produk Anda masuk dalam segmen khusus.

Bahkan kondisi ini akan menciptakan permintaan yang lebih tinggi. Dari adanya penggunaan strategi ini akan membuat aktivitas perusahaan dalam hal edukasi, promosi dan sejenisnya.

Baca Juga: Strategi Promosi Investasi Dalam Meningkatkan Cipta Kerja Perusahaan

Tips Menerapkan Blue Ocean

Penerapan strategi blue ocean pada perusahaan memang cukup penting. Hanya saja strategi ini tidak bisa perusahaan lakukan secara sembarangan. Adapun tips untuk bisa menerapkan strategi bisnis yang satu ini bertujuan untuk mengatasi persaingan.

Perusahaan harus bisa menciptakan ceruk pasar baru yang tidak terpikir oleh pesaing lainnya. Dengan menerapkan strategi tersebut perusahaan harus bisa menciptakan produk baru yang inovatif.

Memiliki keunikan dan nilai tambah yang belum kompetitor lain miliki. Selain itu, slogan yang unik bukan hanya sekedar tagline saja.

Namun memiliki tujuan jangka panjang untuk bisa menciptakan kesan di hati para konsumen. Strategi ini Anda gunakan untuk memperkuat sebuah brand.

Menerapkan strategi bisnis yang tepat membantu perusahaan dapat bertahan dan terus tumbuh. Adapun salah satu metode untuk mewujudkan hal tersebut yaitu Blue Ocean.

Penerapan strategi Blue Ocean pada perusahaan akan memberikan dampak positif. Hanya saja untuk penerapannya memang tidak mudah. (R10/HR-Online)