Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruPengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi, Apa Saja?

Pengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi, Apa Saja?

Pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi hanya ada beberapa. Planet berdasarkan garis edar Bumi tersebut adalah inferior dan superior. Plane ini berada di dekat garis edar Bumi.

Garis edar tersebut juga terkenal dengan nama orbit. Setiap planet di Tata Surya sebenarnya memiliki lintasan orbit mereka sendiri-sendiri, termasuk Bumi.

Secara pengertian, orbit merupakan sebuah jalur berulang yang teratur karena suatu objek mengelilingi objek lainnya. Bumi dan tujuh planet lainnya di Tata Surya memiliki garis edar atau orbit terhadap Matahari.

Baca Juga: Proses Pembentukan Planet Berhubungan dengan Gravitasi?

Apa Saja Pengelompokan Planet Berdasarkan Garis Edar Bumi?

Bumi adalah planet yang ada di dalam sistem Tata Surya. Planet ini mengelilingi Matahari dan sudah memiliki garis edarnya sendiri.

Ternyata, garis edar Bumi tersebut juga menjadi kelompok planet. Ada dua kelompok planet, yaitu planet inferior dan juga superior.

Kelompok planet ini diklasifikasikan berdasarkan letak orbit mereka di dalam orbit Bumi dan Matahari.

Baca Juga: Planet Berwarna Biru di Tata Surya, Uranus dan Neptunus Si Raksasa Es

Planet Inferior

Kelompok pertama adalah planet inferior. Ini merupakan kelompok planet yang anggotanya berada di dalam garis edar Bumi.

Artinya, anggota dari kelompok inferior ini berada lebih dekat dengan Matahari. Karena Bumi berada di urutan ketiga dari Matahari, maka planet inferior ini hanya ada dua.

Kedua planet yang masuk ke dalam golongan planet inferior adalah Merkurius dan juga Venus. Keduanya merupakan planet dalam Tata Surya.

Merkurius dan venus yang masuk ke dalam pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi ini memiliki jarak yang lebih dengan dengan Matahari.

Sehingga, suhu dari kedua planet ini termasuk sangat panas. Bahkan Venus menjadi planet terpanas di Tata Surya.

Sebagai informasi, planet inferior tidak akan bisa mencapai kuadratur/posisi 90 derajat terhadap Matahari. Hal itu karena posisi mereka yang memang dekat dengan bintang tersebut.

Baca Juga: Contoh Planet Inferior, Letak Orbitnya dalam Orbit Bumi

Planet Superior

Kemudian ada kelompok planet kedua, yaitu planet superior. Berbeda dengan inferior, kelompok planet superior ini berada di luar garis edar atau orbit Bumi.

Karena posisinya berada di luar garis orbit Bumi, maka planet-planet dalam kelompok ini memiliki jarak yang cukup jauh dari Matahari.

Ada lima anggota kelompok planet superior ini yaitu Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, hingga Neptunus. Posisi orbit dari planet superior tersebut akan bertentangan dengan Matahari.

Dengan artian, posisi obit yang kelima planet miliki jika diamati dari langit akan tampak berlawanan arah dengan Matahari. Dari kelima anggota planet, hanya Mars yang memiliki susunan batuan. Sedangkan empat lainnya terdiri dari gas dan memiliki ukuran cenderung besar.

Planet superior juga dianggap lebih unggul daripada planet inferior karena kedudukannya di luar garis edar Bumi. Adapun Neptunus menempati posisi yang paling unggul.

Inferior dan superior sebagai pengelompokan planet berdasarkan garis edar Bumi sangat mudah untuk Anda ingat. Hanya ada dua planet yang masuk ke dalam kelompok inferior, sedangkan lainnya superior. (R10/HR-Online)