Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Pialang Berjangka dan Jenisnya dalam Investasi

Pengertian Pialang Berjangka dan Jenisnya dalam Investasi

Pengertian pialang berjangka penting Anda ketahui. Anda harus mengetahui istilah dalam dunia investasi, salah satunya pialang berjangka. Jika Anda sudah hafal dengan dunia investasi, mungkin istilah tersebut sudah tidak asing lagi bagi Anda.

Sederhananya, pialang merupakan perantara yang ada dalam proses jual beli. Sebenarnya, berbagai macam jenis bisnis bisa memakai jasa pialang ini.

Pialang juga banyak yang menyebutnya dengan broker. Adapun istilah-istilah ini sangat berkaitan dengan dunia investasi.

Baca Juga: Cara Menghitung Holding Period Return dalam Investasi Saham

Pengertian Pialang Berjangka dalam Investasi

Dalam dunia investasi memang terdapat banyak sekali istilah-istilah yang perlu Anda tahu. Dari berbagai macam istilah yang ada, mungkin ada juga yang belum memahami apa pengertian pialang berjangka.

Adapun pengertian pialang berjangka yaitu merupakan institusi atau badan usaha yang menjalankan kegiatan jual beli komoditas sesuai dengan Kontrak Berjangka dan Kontrak Derivatif atas dasar amanat nasabah.

Saat ini di Indonesia sudah ada 96 perusahaan pialang berjangka yang telah terdaftar secara legal di Bappebti.

Jenis-Jenis Pialang Berjangka

Setelah mengetahui pengertian pialang berjangka, kini saatnya Anda tahu tentang jenis-jenis pialang berjangka.

Jadi, ada beberapa jenis pialang berjangka yang wajib Anda pahami. Tujuannya supaya Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan investasi Anda. Berikut merupakan 4 jenis pialang berjangka sesuai dengan jenis layanan.

Baca Juga: Jenis Investasi Pribadi, Sesuaikan dengan Kemampuan Anda

1. Full Service Broker

Salah satu layanannya, ada jenis pialang berjangka yang bernama full service broker. Ini termasuk pialang yang bisa memberikan layanan yang penuh untuk para klien.

Layanan tersebut antara lain yaitu pemberian informasi, laporan, layanan analisis, hingga menjalankan aneka jenis instruksi dari investor yang merupakan klien.

Maka dari itu, tak heran apabila jenis full service broker ini memiliki bayaran yang paling besar.

2. Deep Discount Broker

Layanan selanjutnya yang pialang hadirkan yaitu deep discount broker yang cukup terbatas. Sebab dalam layanan ini, pihak pialang hanya menjalankan instruksi jual beli dari investor.

Selain itu juga memelihara rekening klien investor. Layanan ini juga berjalan tanpa harus memberikan analisis lengkap mengenai kondisi pasar.

3. Discount Broker

Layanan selanjutnya yaitu discount broker yang merupakan jual beli aset sesuai dengan dengan instruksi yang dari investor.

Tak hanya itu saja, mereka pun menjalankan layanan yang lain pada investor. Antara lain melakukan analisis kondisi pasar. Selanjutnya akan memberikan rekomendasi pada para klien investor.

Baca Juga: Cara Daftar SBN Ritel di Bareksa, Pengertian dan Keuntungannya

4. Online Broker

Jenis pialang berikutnya yaitu online broker. Untuk melakukan kerja sama antara pialang dan investor, kini sudah ada layanan online broker.

Dengan melalui online broker ini, seorang investor dapat melakukan transaksi serta investasi dengan lebih nyaman tanpa harus bertemu pialang secara langsung.

Selain bisa melakukan pendaftaran secara online, jangkauan pelanggan pun juga bisa menjadi lebih luas lagi.

Dengan mengetahui pengertian pialang berjangka dan jenis-jenisnya, maka Anda bisa lebih nyaman dan tepat dalam melakukan investasi untuk masa depan. (R10/HR-Online)