Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Simbiosis Amensalisme: Jenis-Jenis dan Contohnya!

Pengertian Simbiosis Amensalisme: Jenis-Jenis dan Contohnya!

Pengertian simbiosis amensalisme mungkin tidak cukup familiar. Amensalisme memiliki pengertian sebagai simbiosis atau hubungan antara makhluk hidup. Ini menjadi salah satu dari 4 jenis simbiosis.

Sayangnya memang simbiosis amensalisme ini masih kurang familiar daripada mutualisme atau parasitisme. Padahal, simbiosis amensalisme juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui.

Baca Juga: Simbiosis dalam Ekosistem, Berikut Jenis, Penjelasan, dan Contohnya!

Pengertian Simbiosis Amensalisme Antara Makhluk Hidup

Setiap makhluk hidup akan berhubungan dengan lingkungan di sekitarnya. Mereka juga akan berhubungan dengan makhluk hidup lainnya.

Terdapat sebuah istilah simbiosis yang berkaitan erat dengan hubungan antar makhluk hidup. Simbiosis memiliki arti sebagai jenis interaksi biologis dengan jangka waktu panjang maupun pendek pada dua makhluk hidup yang berbeda.

Terdapat 4 jenis simbiosis yang ada, yaitu simbiosis mutualisme, parasitisme, komensalisme, dan terakhir adalah amensalisme. Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai simbiosis amensalisme.

Tidak seperti simbiosis lainnya, simbiosis amensalisme ini lebih jarang diketahui orang. Simbiosis amensalisme memiliki arti sebagai interaksi yang terjadi antara dua organisme dari spesies yang berbeda dengan salah satunya dirugikan, sedangkan yang lainnya tidak untung maupun rugi.

Baca Juga: Contoh Simbiosis Parasitisme Dalam Kehidupan dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Simbiosis Amensalisme

Simbiosis amensalisme juga memiliki jenis lainnya. Terdapat dua jenis berbeda dalam simbiosis amensalisme, yaitu sebagai berikut.

  1. Kompetisi

Jenis pertama adalah kompetisi. Arti dari kompetisi adalah sebuah persaingan yang mana organisme lebih besar atau kuat merampas sumber daya yang lebih kecil atau lemah.

Spesies yang terlibat di dalam interaksi ini akan berbagi kawasan dan juga ekosistem sehingga bisa menyebabkan kelangkaan nutrisi untuk organisme yang lebih lemah.

Namun, spesies yang lebih besar tidak akan mendapat pengaruh apapun dari interaksi ini.

  1. Antibiosis

Kemudian ada pengertian simbiosis amensalisme jenis antibiosis. Banyak yang menganggap antibiosis merupakan kasus kompetensi intervensi.

Pada antibiosis ini, salah satu spesies akan menghambat perkembangan spesies lainnya dan memperoleh akses lebih banyak ke makanan. Jenis antibiosis dalam simbiosis amensalisme ini banyak terjadi pada prokariota dan eukariota.

Baca Juga: Pengertian Simbiosis Komensalisme Beserta Contohnya di Sekitar Kita

Contoh Simbiosis Amensalisme

Agar lebih mudah dalam memahaminya, maka kamu perlu mengetahui contoh-contoh dari simbiosis ini. Beberapa contoh simbiosis amensalisme yang terjadi di kehidupan adalah sebagai berikut:

Penicillium dan bakteri. Di alam, jamur penicillium menghasilkan antibiotik yang dapat berguna untuk menghasilkan antibiotik. Namun, bakteri yang berbagi ekosistem dengan jamur akan terpengaruh secara negatif.

Pohon walnut dan tumbuhan lain. Nantinya pohon walnut akan menghasilkan senyawa alelopati yang menyebabkan tumbuhan lain disekitarnya akan sulit tumbuh.

Lamtoro dan gandum. Lamtoro atau petai cina ini tidak baik jika berada di dekat gandum karena mengeluarkan senyawa tertentu yang bisa mempengaruhi pertumbuhan gandum.

Itulah pengertian simbiosis amensalisme lengkap dengan jenis-jenis dan contohnya. Dengan ini maka kamu bisa memahami lebih dalam mengenai jenis simbiosis amensalisme pada makhluk hidup. (R10/HR-Online)