Jumat, Januari 27, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ban Luar Motor Retak, Jangan Anggap Sepele

Penyebab Ban Luar Motor Retak, Jangan Anggap Sepele

Penyebab ban luar motor retak bisa karena berbagai faktor. Ban luar retak bisa terjadi pada motor Anda, untuk itu kenali penyebabnya. Jika sampai komponen motor yang satu ini terus digunakan bisa saja terjadi masalah fatal.

Apalagi mengingat ban memiliki fungsi cukup penting karena bergesekan langsung dengan medan jalan. Jika tidak Anda perhatikan, dapat mengakibatkan masalah yang buruk seperti kecelakaan.

Baca Juga: Ban Motor Gundul Sebelah, Ini Penyebab dan Cara untuk Mengatasinya!

Apa Saja Penyebab Ban Luar Motor Retak?

Ban adalah salah satu komponen cukup penting pada semua tipe kendaran. Untuk itu, perlu melakukan penggantian.

Saat komponen tersebut terlihat baik, namun jangan sampai melebihi masa pakainya. Bisa saja ban mengalami berbagai masalah. Tidak hanya kebocoran saja, akan tetapi ban juga bisa mengalami retak.

Ketika ban motor luar sudah mengalami masalah ini sebaiknya jangan anggap sepele. Ban yang sudah retak menandakan jika perlu penggantian segera. Ada banyak faktor yang mengakibatkan ban luar retak.

Seperti komponen lainnya, ban memiliki masa pakai dan perawatan secara berkala. Jika sampai kondisi ban bermasalah jangan sepelekan. Segera untuk melakukan pengecekan.

Jika ban sudah tidak layak pakai, ada baiknya untuk segera mengganti dengan baru. Lakukan perawatan pada semua komponen motor secara rutin termasuk ban.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan ban motor retak. Jika Anda belum tahu mari simak ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Tanda Ban Motor Harus Diganti, Kenali Melalui Ciri Fisiknya

Muatan Berlebih

Sebenarnya penyebab ban luar motor retak bisa karena berbagai faktor. Namun yang paling banyak terjadi yaitu karena banyaknya muatan yang ditanggung oleh kendaraan.

Ada beberapa orang yang enggan untuk memperhatikan hal ini. Padahal setiap kendaraan memiliki daya tampung yang berbeda.

Untuk sepeda motor sendiri bisa dilihat jika memiliki muatan berlebih akan mengakibatkan kendaraan tidak stabil.

Dampak buruknya jika terus Anda lakukan akan mengakibatkan ban retak. Apalagi jika kendaraan Anda gunakan untuk membawa muatan berlebih secara terus-menerus, pastinya akan mengakibatkan ban retak bahkan pecah.

Jika sudah terjadi hal seperti ini tentu membuat pengendara dan orang lain terancam bahaya. Untuk menghindari ban motor retak Anda bisa menggunakannya secara wajar.

Hindari membawa barang terlalu berlebih. Selain itu, lakukan perawatan secara rutin pada semua komponen motor agar dapat berfungsi dengan optimal.

Baca Juga: Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Tekanan Angin

Masih banyak faktor yang mempengaruhi ban motor retak termasuk pada tekanan angin. Sebenarnya tekanan angin pada ban terlihat sepele. Namun mampu menjadi faktor yang cukup berpengaruh pada ban itu sendiri.

Tekanan ban baik itu berkurang atau berlebih bisa mengakibatkan kondisi ban bermasalah. Pastikan ban motor memiliki tekanan angin yang sesuai. Jika mengabaikannya justru berakibat ban retak dan menimbulkan bahaya.

Sebaiknya selalu cek semua kondisi kendaraan secara rutin. Bahkan cari tahu penyebab ban luar motor retak yang sering terjadi. Jika Anda sepelekan bisa mengakibatkan kerusakan hingga kecelakaan. (R10/HR-Online)