Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Jok Motor Tidak Bisa Ditutup dan Solusi Mengatasinya!

Penyebab Jok Motor Tidak Bisa Ditutup dan Solusi Mengatasinya!

Penyebab jok motor tidak bisa ditutup memang cukup beragam. Saat jok motor tidak bisa ditutup, kemungkinan besar ada beberapa penyebab yang membuat kondisinya menjadi seperti itu. Untuk melakukan perawatan motor pada komponen tersebut, simak ulasan ini.

Padahal peran jok sendiri juga sangat penting. Karena bisa kita jadikan sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang bawaan.

Namun apa jadinya jika jok tidak bisa kita tutup? Tentu ini akan membahayakan, sebab bisa membuat orang tak bertanggung jawab melakukan aksi kriminalnya.

Baca Juga: Cara Membuat Jok Motor Tidak Licin Menggunakan Langkah Ini

Penyebab Jok Motor Tidak Bisa Ditutup yang Harus Anda Ketahui

Keberadaan sepeda motor mempunyai peran sangat penting, karena hampir semua orang pasti sudah memilikinya. Pasalnya dengan motor maka seseorang akan lebih mudah bepergian tanpa harus menggunakan angkutan umum seperti bus, taxi, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu barang elektronik, maka motor juga tak pernah luput dari yang namanya masalah, misalnya pada bagian jok. ,jok sendiri merupakan sebuah komponen yang keberadaannya juga sangat penting bagi para penggunanya.

Pasalnya dengan jok, maka seseorang bisa menyimpan barang bawaannya seperti belanjaan dengan mudah dan aman. Sayangnya permasalahan yang seringkali terjadi pada beberapa orang adalah kondisi jok yang tidak bisa tertutup.

Jika hal ini terjadi pada kendaraan kesayangan Anda, maka mau tidak mau harus segera mengatasinya supaya hal buruk tidak menimpa Anda.

Akan tetapi sebelum mengatasinya, maka Anda juga harus tahu terlebih dahulu kira-kira apa saja hal yang menyebabkan jok tidak bisa kita tutup.

Pasalnya dengan mengetahui sejumlah penyebabnya tersebut, maka langkah-langkah untuk memperbaikinya juga akan lebih mudah.

Setelah tahu apa saja penyebabnya, maka Anda bisa langsung melakukan tindakan tepat agar kondisinya bisa Anda tutup lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Jok Motor Rembes dengan 3 Metode Sederhana

Ada Engsel yang Berkarat

Penyebab jok motor tidak bisa ditutup yang pertama ini adalah karena terdapat engsel yang sudah mulai berkarat maupun mengalami korosi.

Sama halnya seperti besi pada umumnya, bagian engsel pada sebuah jok kendaraan ternyata juga bisa mengalami masalah.

Kondisi seperti ini akan menimbulkan sejumlah masalah yang tidak terduga. Misalnya saat akan menutup jok tidak bisa.

Tidak hanya itu saja, seringkali saat hendak membuka, pengguna juga merasa kesulitan akibat dari kondisi engsel yang sudah berkarat itu.

Sementara itu, terjadinya karatan pada komponen ini bisa saja terjadi karena beberapa hal. Misalnya terkena air dan hanya kita biarkan saja.

Sebab air bisa membuat sebuah benda yang terbuat dari logam atau besi bisa menyebabkan korosi alias karatan.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa kondisi karatan memang akan menyulitkan kita untuk melakukan sesuatu termasuk menutup jok motor. Jika sudah seperti ini, maka mau tidak mau Anda harus segera menghilangkan korosi atau karatan tersebut agar jok kembali normal.

Usia Motor Sudah Sangat Lama

Penyebab jok motor tidak bisa ditutup adalah karena usia kendaraan yang sudah terlalu lama alias sudah sangat tua. Bukan hal yang tak mungkin, semua barang yang sudah lama pemakaian pasti akan semakin menurun kinerjanya, termasuk motor.

Pasalnya kendaraan roda dua seperti ini bisa timbul beberapa masalah, misalnya saja seperti jok yang susah untuk kita tutup.

Jika kondisi ini terjadi maka cukup membahayakan, sebab bisa menjadi tempat orang tak bertanggung jawab melakukan aksi nekatnya.

Sebab kondisi jok yang mudah terbuka maka rentan terjadinya masalah pencurian barang yang mungkin ada dalam jok tersebut.

Sehingga kondisi seperti ini akan membuat si pemilik kendaraan merasa kehilangan. Sebab barang yang mereka simpan pada jok bisa hilang karena ada orang yang mengambil.

Memang motor yang usia pemakaiannya sudah sangat lama bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti jok susah terbuka atau tertutup.

Maka dari itu, guna menghindarinya Anda harus selalu merawat motor supaya komponen jok tetap bisa Anda tutup dengan sempurna.

Baca Juga: Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Mudah dan Aman

Cara Memperbaiki

Tak hanya mengetahui apa saja penyebab jok motor tidak bisa ditutup, melainkan juga proses memperbaiki atau mengatasinya.

Hal ini sangat penting Anda lakukan supaya kondisi jok bisa kembali tertutup secara rapat dan menghindari aksi jahat dari orang lain.

Memang kondisi jok yang sulit tertutup membuat kita sebagai pemilik kendaraan merasa was-was saat sedang kita parkirkan. Terlebih lagi jika dalam jok ada barang-barang berharga, maka hal ini bisa membuat kita merasa rugi.

Guna mengatasinya maka Anda bisa menyemprotkan cairan khusus pada bagian engsel jok dan rumah kuncinya. Anda bisa menggunakan pelumas semacam WD-40 maupun chain lube agar jok kembali normal.

Seperti yang kita tahu bahwa bagian engsel jok memang bisa kotor yang akhirnya menyebabkan kita kesusahan saat hendak menutupnya.

Ketika sudah Anda semprot cairan khusus, maka buka/tutup mekanisme jok selama 3 hingga 5 kali. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kondisi jok sudah terlumasi dengan sempurna.

Nah, apabila sudah terlumasi, kemungkinan besar engel jok sudah kembali seperti sedia kala dan proses penutupan pun bisa Anda lakukan.

Penyebab jok motor tidak bisa ditutup memang cukup beragam, namun yang paling mendasar adalah akibat dari adanya kotoran maupun korosi. Sehingga Anda harus segera mengatasinya agar bisa kembali tertutup rapat. (R10/HR-Online)