Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPenyebab Kebakaran Pasar Banjarsari Ciamis Diduga dari Korsleting Listrik

Penyebab Kebakaran Pasar Banjarsari Ciamis Diduga dari Korsleting Listrik

Penyebab kebakaran Pasar Banjarsari, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang terjadi pada Selasa (27/09/2022) malam diduga dipicu dari korsleting listrik di sebuah kios yang berada di blok B.

Berawal dari ledakan lampu di sebuah kios akibat arus pendek listrik (korsleting) yang kemudian membakar bangunan hingga akhirnya merembet ke bangunan kios lainnya. Dilaporkan, ratusan kios di Pasar Banjarsari terbakar dengan kerusakan yang beragam.

Lampu Meledak di Blok B Diduga Penyebab Pasar Banjarsari Ciamis Kebakaran

Menurut salah seorang warga yang juga petugas ronda di lingkungan Pasar Banjarsari, Arif Prianto, sumber api berasal dari salah satu kios yang berada di blok B. Dia mengatakan dirinya melihat lampu di kios tersebut meledak dan tak selang berapa lama langsung membakar bangunannya.

Baca juga: Pasar Banjarsari Ciamis Kebakaran!

“Api cepat sekali membakar bangunan kios. Beberapa saat setelah membakar satu kios kemudian merembet ke kios lainnya. Saat itu saya melihat 4 kios sudah terbakar,” kata Arif, kepada harapanrakyat.com, Rabu (28/09/2022) dini hari.

Arif menduga penyebab kebakaran Pasar Banjarsari diakibatkan dari korsleting listrik yang kemudian memicu lampu di sebuah kios meledak. “Kebetulan posisi saya waktu itu tepat berada di depan kios yang lampunya meledak. Saat melihat lampu meledak dan memicu kebakaran saya pun panik dan langsung melaporkan ke kantor kecamatan,” ujarnya.

Arif mengungkapkan saat awal kebakaran warga kesulitan memadamkan api lantaran minimnya sumber air. Ketika ditanya apakah di Pasar Banjarsari terdapat hydrant atau alat pemadam api saat kondisi darurat? Dia mengaku tidak tahu. Hanya saja saat awal kejadian kebakaran warga kesulitan memadamkan api karena minimnya sumber air.

“Saat api belum melalap banyak kios, mobil pemadam kebakaran dari Banjarsari sebenarnya sudah datang. Namun karena kekurangan jumlah mobil damkar, kobaran api tidak berhasil dipadamkan. Api mulai padam setelah tambahan mobil Damkar dari Ciamis dan Banjar berdatangan,” ungkapnya.

Hingga berita ini diunggah, harapanrakyat.com belum berhasil mendapat keterangan resmi dari pihak berwenang terkait penyebab kebakaran Pasar Banjarsari Ciamis. (Suherman/R2/HR-Online)