Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri yang Umum Terjadi

Penyebab Pintu Mobil Terkunci Sendiri yang Umum Terjadi

Penyebab pintu mobil terkunci sendiri sebaiknya kita ketahui bersama. Mengingat banyak orang yang langsung panik saat peristiwa ini terjadi. Sebelum akhirnya mengatasi pintu mobil yang terkunci, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Terlebih lagi saat ada semua barang penting seperti kunci yang masih tertinggal di dalam mobil. Guna menghindari akan hal itu, maka Anda bisa mengantisipasinya dengan cara mengetahui apa saja penyebab maupun faktornya.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil dengan Langkah Mudah

Penyebab Pintu mobil Terkunci Sendiri Ini Harus Anda Ketahui

Sebagai salah satu pemilik kendaraan roda empat, pernahkah Anda menjumpai momen saat kunci mobil tertinggal di dalam? Adanya kejadian seperti itu, maka banyak orang yang berpikir untuk langsung mencongkel lis karet di kaca atau memecahkan kaca tersebut.

Padahal masih ada banyak trik untuk membuka pintu mobil yang terkunci tanpa harus merusak bagian komponen mobil itu sendiri. Akan tetapi sebelum mengetahui cara untuk membukanya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Seperti yang kita tahu bahwa kunci mobil sendiri bermanfaat untuk menghidupkan mesin mobil. membuka hingga menutup pintu. Akan tetapi apabila kunci tersebut hilang dan pintu dalam keadaan terkunci, maka kita sebagai pengguna akan kesulitan untuk membukanya.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa faktor penyebab mengapa pintu mobil bisa terkunci. Nah setelah mengetahuinya, maka Anda akan lebih mudah lagi untuk mengatasi permasalahan seperti itu.

Baca Juga: Engsel Pintu Mobil Rusak, Ini Cara Mengatasi dan Faktor Penyebabnya

Ada Masalah pada Bagian Penggerak Pintu Mobil

Salah satu penyebab pintu mobil terkunci sendiri yang pertama adalah karena terdapat masalah pada penggerak pintunya. Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap komponen mesin pasti akan memiliki usia penggunaan yang harus selalu kita perhatikan.

Selain itu apabila komponen tersebut sudah tidak layak pakai, maka sebagai pemilik kendaraan harus menggantinya saja. Apabila tidak mengetahuinya, maka penggerak pintu mobil ini sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal lagi.

Itulah mengapa perawatan maupun pemeliharaan kendaraan roda empat atau mobil ini sangat penting untuk Anda lakukan. Pasalnya setiap kali Anda membawanya untuk di servis, maka para teknisi akan segera melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Mereka juga akan memastikan bahwa mobil Anda berfungsi secara normal dan bisa digunakan untuk berkendara kemana saja. Lantas apakah saat ini Anda sudah rajin membawanya ke tukang bengkel? Jika belum yuk segera lakukan!

Terdapat Sensor Kunci Otomatis

Penyebab pintu mobil terkunci sendiri selanjutnya adalah karena pada kendaraan tersebut ada sensor kunci otomatis. Karena saat ini sudah ada banyak jenis mobil modern yang menyertakan opsi tersebut untuk menonaktifkan fitur tersebut dalam sistem infotainment.

Nah guna memecahkan permasalahan seperti ini, maka Anda cukup menonaktifkan saja fitur kunci otomatis tersebut. Meski demikian caranya juga akan berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan roda empat itu sendiri.

Apabila Anda belum merasa yakin apakah mobil bisa melakukan ini maupun harus menavigasi untuk menemukan fitur, baca saja manual pemilik Anda. Karena saat ini sudah ada banyak sekali mobil yang memiliki sekering untuk sistem penguncian sentralnya.

Apabila Anda sudah merasa cukup yakin untuk mengutak-atik mobil kesayangan, maka Anda bisa mencoba untuk menarik sekering tersebut. Hanya saja langkah yang satu ini cukup berpotensi mengganggu beberapa sistem elektronik lain pada kendaraan tersebut.

Baca Juga: Pengait Pintu Mobil Rusak, Faktor Penyebab dan Cara Memperbaiki

Ada Kotoran yang Menumpuk

Penyebab pintu mobil terkunci sendiri bisa saja terjadi akibat dari adanya kotoran yang menumpuk pada handle. Pasalnya kondisi seperti ini bisa menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus serta akan berpengaruh buruk pada pintu.

Oleh karena itu segera bersihkan kotoran tersebut, karena jika tidak maka lama kelamaan handle pintu tersebut akan mengalami karatan.

Jika terjadi dalam keadaan darurat seperti di pinggir jalan, maka Anda bisa ambil tali sepatu untuk mengatasi hal itu. Artinya Anda bisa membuat simpul kecil ke bagian tengah karena akan memudahkan dalam membuka pintu.

Jika sudah kemudian masukkan tali itu ke celah pintu dari bagian atas kemudian masukkan talinya sampai mencapai kunci mobil manual. Pegang terus kedua ujung tali agar tidak lepas.

Saat simpul sudah berhasil gapai kunci manual, langsung kencangkan saja dan tarik tali tersebut keatas. Maka pintu mobil Anda akan langsung terbuka. Perlu Anda ingat lagi, bahwa cara ini tidak berhasil maka jangan Anda paksa.

Kini Anda sudah mengetahui beberapa penyebab pintu mobil terkunci sendiri sampai cara mengatasinya. Apabila suatu saat terjadi pada Anda, maka bisa mengatasinya dengan cara simpel ini. (R10/HR-Online)