Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Piston Motor Berkerak, Jangan Anggap Sepele

Penyebab Piston Motor Berkerak, Jangan Anggap Sepele

Penyebab piston motor berkerak bisa karena beberapa faktor. Dengan mengetahui penyebabnya, piston motor akan terhindar dari kerak. Apalagi piston adalah komponen motor yang penting.

Sehingga perawatan adalah salah satu cara yang harus diperhatikan bagi semua pemilik kendaraan. Jangan sampai kerak pada piston mengakibatkan masalah yang terjadi semakin parah.

Baca Juga: Cara Melepas Piston Kaliper Motor Secara Mandiri dan Mudah

Penyebab Piston Motor Berkerak yang Sering Terjadi

Mesin pada sebuah kendaraan memiliki peran yang cukup penting. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan Anda wajib melakukan perawatan dengan tepat. Lakukan perawatan secara berkala untuk membantu kinerja mesin optimal.

Aktivitas kinerja piston pada mesin kendaraan akan menimbulkan banyak kerak. Padahal kerak menjadi salah satu masalah yang sering timbul pada komponen kendaraan.

Timbulnya kerak pada piston bisa karena beberapa hal. Salah satunya akibat penggunaan bahan bakar dengan rasio kompresi atau kebutuhan mesin yang tidak tepat.

Rasio kompresi mesin itu sendiri merupakan istilah untuk dunia otomotif yang membandingkan antara volume silinder satu piston bergerak naik turun. Semakin rasionya tinggi, maka hasil emisi akan lebih rendah.

Sayangnya tidak semua jenis kendaraan baik motor atau mobil memiliki rasio tinggi. Biasanya kendaraan mewah saja yang memiliki cc tinggi dan menggunakan teknologi canggih. BBM bensin beroktan tinggi ini misalnya Pertamax dan Pertamax Turbo.

Baca Juga: Ciri-Ciri Piston Motor Rusak yang Mudah untuk Dideteksi

Filter Udara

Selain jenis bahan bakar ternyata faktor penyebab piston motor berkerak juga bisa karena filter udara.

Filter udara menjadi komponen yang berperan untuk menyaring udara masuk ruang bakar. Sehingga harus benar-benar bersih.

Untuk sepeda motor keluaran terbaru biasanya sudah memiliki filter udara model kertas dengan lapisan oli khusus.

Biasanya pemilik sepeda motor ada yang mencoba menggantinya dengan komponen lain. Misalnya menggantinya dengan filter dari busa. Selain itu, ada juga yang sengaja membuka box filter agar pasokan udara semakin besar.

Padahal kondisi ini bukan hal baik untuk kendaraan karena adanya proses pembakaran yang akan mengubahnya menjadi kerak. Dampaknya akan buruk pada kendaraan yaitu mesin menjadi lebih panas dan BBM boros.

Baca Juga: Ukuran Piston Motor, Sesuaikan dengan Tipe Kendaraan

Setting Karburator

Melakukan setting ulang atau sistem injeksi juga bisa membantu mengurangi munculnya kerak pada piston. Ideal sebuah mesin membutuhkan perbandingan antara udara dan bahan bakar 13,5-14:1.

1 molekul bahan bakar membutuhkan 13,5-14 molekul udara agar pembakaran sempurna. Ketika perbandingan diturunkan mesin justru akan semakin boros.

Mesin yang boros belum dapat dipastikan akan menghasilkan tenaga besar. Pembakaran tidak akan sempurna karena settingan terlalu basah. Efek dari kondisi ini yaitu munculnya kerak deposit pada permukaan piston.

Penyebab piston motor berkerak bisa karena beberapa hal tersebut. Sehingga segera atasi dengan cara melakukan perawatan secara berkala. Anda bisa berikan perawatan yang tepat agar motor bekerja secara optimal. (R10/HR-Online)