Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita TerbaruPenyebab Siksa Kubur, Ketahui dan Pahami!

Penyebab Siksa Kubur, Ketahui dan Pahami!

Penyebab siksa kubur tentunya menjadi peringatan untuk kita menjalani kehidupan sehari-hari. Saat ini mungkin siksa kubur hanyalah cerita, tetapi dalam ajaran Islam nantinya setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati.

Apakah semua orang juga akan merasakan dahsyatnya siksa kubur? Bukankah kata siksa kubur itu sudah menjadi suatu hal yang sangat menakutkan?

Coba bayangkan saja kita berada di alam kubur sendirian, sempit, gelap, kemudian masih harus mendapatkan siksa karena perbuatan kita selama di dunia.

Apakah yang dimakan itu juga tidak akan membuat kita meminta pertolongan Allah untuk bisa hidup kembali serta melakukan kebaikan sesuai dengan perintah?

Pada dasarnya setiap umat manusia juga tidak akan mengetahui apakah di dalam kubur nanti ia akan mendapatkan kenikmatan atau malah siksa kubur yang sangat dahsyat dan menyakitkan.

Perlu Anda ketahui bahwa siksa kubur sendiri merupakan hukuman dari Allah SWT Ketika seseorang sudah meninggal.

Seseorang itu akan mendapatkan siksa di dalam kubur, jika semasa hidupnya melakukan perbuatan yang tidak Allah sukai. Mengenai hal tersebut ternyata masih banyak yang meremehkan ataupun menyepelekan.

Baca juga: Kisah Rasul Mendengar Siksa Kubur, Keistimewaan dari Allah SWT

Beberapa Penyebab Siksa Kubur

Mengenai siksa kubur tersebut juga sudah dijelaskan dalam Al Quran serta hadits. Sehingga adanya siksa tersebut merupakan suatu hal yang nyata.

Ketahuilah bahwa siksa kubur tersebut juga bersifat sementara ataupun selamanya. Meskipun sudah meninggal orang tersebut juga bisa saja mendapatkan nikmat kubur.

Salah satu orang yang akan mendapatkan nikmat kubur adalah apabila semasa hidupnya ia selalu berperan serta mendekatkan diri kepada Allah juga tidak melakukan perbuatan dosa.

Nah, sebab masih banyak yang menyepelekan apa saja yang menjadi penyebab seseorang mendapatkan siksa kubur, simak saja penjelasan berikut ini.

Ghibah

Untuk penyebab siksa kubur yang pertama adalah karena sering melakukan ghibah. Ghibah merupakan perbuatan dosa yang kerap kali dilakukan oleh umat manusia.

Meskipun merupakan hal yang dapat membahayakan diri kita sendiri, tetapi seringkali kita itu tidak sadar melakukan hal tersebut. Biasanya juga ghibah itu menjelek-jelekkan orang lain seperti halnya gosip.

Bukankah dalam Al Quran surat Al-Hujurat ayat 12 Allah juga berfirman:

Baca juga: Doa Ziarah Kubur, Berikut Lafadz dan Arti yang Mudah untuk Dihafalkan

Zina

Penyebab siksa kubur bagi seseorang karena ia yang melakukan perbuatan zina. Bukankah zina itu perbuatan yang sangat dosa?

Zina juga menjadi hal yang Allah benci. Tapi sampai saat ini ternyata masih banyak umat manusia yang melakukan perbuatan zina.

Padahal dunia juga sudah menunjukkan tanda-tanda akhir zaman. Contoh dari perbuatan zina itu sendiri adalah selingkuh.

Perselingkuhan tersebut juga dapat menciptakan siksa kubur selamanya. Dalam Al Quran surat Al-Isra ayat 32 yang artinya adalah “Janganlah kalian mendekati zina karena sesungguhnya zina merupakan perbuatan yang keji dan jalan yang buruk pula.”

Riba

Riba ternyata juga menjadi salah satu penyebab siksa kubur yang seseorang alami ketika sudah meninggal.

Kemudian arti riba merupakan pengambil harta pokok secara batil. Karena merupakan perbuatan dosa maka orang yang meninggal dan telah melakukan riba akan mendapatkan siksa ketika berada di dalam kubur.

Bukankah dalam agama Islam juga sudah dijelaskan bahwa orang yang memakan riba itu tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang sedang ke masukkan setan sebab gila.

Bukankah Allah itu menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba? Ketika mendapati akan hal tersebut dan menjadikan sebagai peringatan, maka urusannya terserah kepada Allah.

Tetapi bagi siapapun yang sudah mengetahui bahwa riba itu haram dan masih tetap mengulanginya, maka ia akan menjadi penghuni neraka. Sungguh naudzubillahimindzalik.

Baca juga: Salam untuk Ahli Kubur, Berikut Ini Lafadz, Arti dan Adab Ziarah ke Makam

Munafik

Selain itu, bersikap munafik juga menjadi penyebab kenapa seseorang itu mendapatkan siksa kubur. Sikap munafik atau bermuka dua ternyata juga sudah tertanam dalam diri manusia.

Hanya saja kita tidak menyadari akan hal tersebut. Perbuatan tersebut juga bisa saja berupa membohongi Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah yang terdapat dalam Al Quran surat At Taubah ayat 101 menyebutkan:

Ternyata sering berbohong juga menjadi penyebab siksa kubur. Tidak sedikit pula yang sampai saat ini kita masih suka berbohong.

Agar nantinya kita bisa mendapatkan kenikmatan kubur sesuai ajaran Islam, maka jauhilah hal-hal yang menjadi penyebab siksa kubur. (Muhafid/R6/HR-Online)