Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Spul Motor Terbakar Serta Cara Pencegahannya, Simak!

Penyebab Spul Motor Terbakar Serta Cara Pencegahannya, Simak!

Penyebab spul motor terbakar bagi pemilik kendaraan roda dua harus mengetahuinya. Jika kinerja spul berlebihan, maka bisa menyebabkan kondisinya terbakar dan terasa panas. Oleh karena itu, komponen motor yang satu ini wajib untuk kita perhatikan.

Nah jika sudah seperti ini maka langkah yang paling tepat adalah dengan mengecek kiprok atau regulatornya terlebih dahulu. Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, maka ketahui dulu pengertian spull motor ini.

Baca Juga: Penyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Penyebab Spul Motor Terbakar yang Harus Anda Ketahui

Bagi kendaraan roda dua, maka energi listrik adalah sebuah komponen yang sangat penting. Terlebih lagi bahwa energi listrik ini adalah sumber tenaga yang bisa menggerakan kendaraan supaya bisa berjalan.

Nah, energi dari kendaraan roda dua atau motor ini akan dihasilkan oleh alat atau komponen yang bernama spull motor. Sehingga dengan keberadaan komponen satu ini, maka semua kebutuhan akan listrik dari motor bisa terpenuhi secara maksimal.

Maka dari itu bagi kendaraan roda dua seperti ini, alat spul merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan harus selalu mendapat perawatan khusus.

Sebab spul dari motor ini adalah sebuah kumparan berupa lilitan kawat tembaga yang memiliki batang karbon.

Meski demikian lilitan dari kawat tembaga seperti ini juga tidak sama antara satu spul dengan jenis spul yang lain pada motor. Apabila spul motor Anda panas bahkan terbakar, sebaiknya segera mengatasinya.

Namun sebelum mengatasinya, ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja penyebabnya.

Baca Juga: Cara Menyetel Stasioner Motor Paling Mudah, Begini Tips-nya!

Faktor Penyebab

Salah satu penyebab spul motor terbakar adalah karena umur penggunaan yang sudah sangat lama hingga mengalami penurunan kualitas. Jika sudah seperti ini maka akan membuat spul motor kesayangan Anda menjadi gosong hingga sampai terbakar.

Tidak hanya itu saja, melainkan mengalami overheat juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya spul menjadi mudah terbakar. Karena adanya panas berlebih seperti ini akan membuat spull menjadi cepat panas hingga pada akhirnya lebih mudah untuk terbakar.

Selanjutnya lalai tidak melakukan pengecekan juga menjadi faktor penyebab spul bisa dan mudah terbakar dalam waktu cepat. Padahal melakukan pengecekan fungsi dari masing-masing bagian motor akan membantu untuk memperpanjang sparepart, salah satunya spul.

Selain itu, spul bisa rusak karena terbakar adalah akibat para pengguna sering telat atau terlambat dalam melakukan pengisian oli. Padahal spul motor ini akan bekerja dengan berputar secara terus-menerus yang menyebabkan spul menjadi lebih cepat kering dan aus.

Fungsi Spul Motor

Tidak hanya mengetahui penyebab spul motor terbakar saja, melainkan juga fungsi dari keberadaan komponen tersebut. Pasalnya ini adalah sebuah alat yang berguna sebagai penghasil sumber tenaga listrik, seperti pembahasan awal.

Karena dengan keberadaan alat seperti ini, maka listrik yang dibutuhkan oleh sejumlah komponen lain seperti klakson hingga lampu sein bisa berfungsi.

Selanjutnya tenaga listrik ini berasal dari kumparan kawat tembaga yang terdapat pada sebuah spul kendaraan bermotor.

Nah, dari sinilah maka bisa menghasilkan sumber aliran listrik yang biasanya masih berupa seperti tegangan bolak-balik. Supaya bisa kita gunakan untuk menghasilkan tenaga, maka arus listrik harus kita ubah menjadi arus searah dahulu.

Jadi tegangan listrik yang digunakan itu juga harus berupa arus searah supaya benar-benar bisa berfungsi. Dari sini kita membutuhkan alat berupa kiprok. Karena jika arus listrik sudah searah, maka arus listrik akan mengalir melalui kiprok itu.

Baca Juga: Pompa Oli Motor Rusak? Ternyata Ini Penyebab dan Ciri-cirinya!

Bagaimana Perawatan yang Tepat?

Penyebab spul motor terbakar sebenarnya cukup beragam dan dari ini maka Anda harus mengatasinya sesuai dengan penyebabnya. Jika spul tidak ingin cepat rusak, maka Anda sebagai pemilik kendaraan harus selalu merawat motor tersebut.

Pasalnya dengan perawatan yang memadai maka setiap masing-masing komponen pada motor tidak akan mengalami kerusakan. Sehingga dengan demikian bisa untuk memperpanjang masa pakai dari komponen tersebut.

Jadi pada intinya dari sini mengharuskan Anda untuk lebih memahami bagian-bagian dari motor tersebut, sehingga bisa mengatasinya. Nah, salah satu cara terbaik bagi Anda seorang pemula adalah dengan rajin melakukan servis ke bengkel terpercaya.

Sehingga dengan demikian mampu untuk menjamin kondisi kendaraan bermotor bahwa selalu prima walaupun Anda gunakan setiap hari.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa penyebab spul motor terbakar, ada baiknya lagi bagi Anda untuk melakukan perawatan secara berkala. (R10/HR-Online)