Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPin Kaliper Rem Mobil Oblak, Ternyata Ini Tanda-tandanya

Pin Kaliper Rem Mobil Oblak, Ternyata Ini Tanda-tandanya

Pin kaliper rem mobil oblak bisa menimbulkan masalah buruk. Biasanya pin kaliper rem mobil yang oblak akan menimbulkan suara aneh. Beberapa kondisi buruk bisa terjadi ketika kendaraan yang Anda miliki kurang perawatan mobil.

Padahal sistem pengereman memiliki peran cukup penting. Ada baiknya Anda cari tahu ketika mengalami kendala-kendala pada mobil. Termasuk masalah kecil seperti pin kaliper yang oblak.

Baca Juga: Fungsi Master Rem Mobil yang Berguna untuk Menaikkan Tekanan

Waspadai Pin Kaliper Rem Mobil Oblak

Semua komponen mobil bisa mengalami masalah jika tidak dirawat dengan baik. Sebagai pemilik kendaraan ada baiknya jika Anda melakukan servis secara rutin.

Cara ini untuk dapat membantu mengatasi terjadinya masalah sewaktu-waktu kendaraan Anda gunakan. Rem adalah salah satu komponen penting yang berfungsi sebagai sistem keselamatan.

Jika sampai komponen tersebut bermasalah bisa menimbulkan kecelakaan. Pin kaliper adalah salah satu komponen yang ada dalam sistem pengereman mobil.

Komponen tersebut juga bisa mengalami masalah. Salah satunya pin kaliper oblak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bunyi akibat benturan antara dudukan kampas rem.

Jika sudah terdengar bunyi aneh segera lakukan pengecekan. Jika tidak, lama-lama bunyi akan mengganggu kenyamanan berkendara. Selain itu, kerusakan bisa merembet pada komponen mobil lainnya.

Baca Juga: Rem Mobil Bunyi Saat Mundur, Ternyata Ini Penyebabnya! Simak!

Penyebab Kaliper Oblak

Saat pin kaliper rem mobil oblak segeralah untuk mengatasinya. Ada baiknya jika Anda merasakan perubahan yang terjadi, termasuk dengan tanda munculnya suara aneh.

Adapun penyebab yang mengakibatkan bunyi tersebut datang yaitu oblaknya pin kaliper. Bunyi akan terdengar keras ketika mobil melewati area jalan berlubang.

Akibat benturan dudukan kampas rem timbulah bunyi tersebut. Biasanya kondisi ini sering terjadi pada mobil yang berumur. Karena komponen juga sudah berumur ada baiknya untuk melakukan perawatan.

Ada baiknya Anda melakukan pengecekan setiap komponen secara rutin. Sehingga mampu mengatasi timbulnya masalah lebih cepat.

Baca Juga: Vapor Lock pada Rem Mobil, Bahayanya dan Cara untuk Mencegah!

Tanda-Tanda Kaliper Mobil Oblak

Sebenarnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengecekan setiap komponen kendaraan. Termasuk pada pin kaliper mobil oblak yang ditandai dengan munculnya bunyi aneh.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika kondisi ini terjadi. Anda bisa melakukan pengecekan dengan cara memukul roda dengan tangan. Jika sampai muncul suara dari bagian rem kemungkinan besar kaliper oblak.

Jika tidak pengecekan dengan pembongkaran roda mobil juga bisa. Anda dapat melihatnya dengan cara memegang kaliper. Cobalah untuk menggerakkan kaliper mobil.

Jika terdengar suara maka segera lakukan perbaikan. Namun jika rem kaliper oblak, namun tidak terdengar bunyi maka kemungkinan besar Anda tidak perlu memperbaikinya. Kondisi tersebut masih bisa digunakan tanpa Anda perlu menggantinya.

Sebagai pemilik mobil ada baiknya untuk selalu melakukan perawatan pada komponen kendaraan, terutama pada pin kaliper rem mobil oblak. Anda perlu tahu kondisinya dengan mengenal ciri-ciri kerusakan yang bisa terjadi. (R10/HR-Online)