Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita BanjarPohon Besar Hantam Tiang Pancang Jembatan Baru, BPBD Kota Banjar Lakukan Evakuasi

Pohon Besar Hantam Tiang Pancang Jembatan Baru, BPBD Kota Banjar Lakukan Evakuasi

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Sebuah pohon besar menghantam tiang pancang Jembatan Baru (Jembar) di Kota Banjar, Jawa Barat. Pohon besar itu terbawa arus saat air Sungai Citanduy meluap pada Senin (12/09/2022).

Khawatir air Sungai Citanduy kembali meluap, petugas gabungan dari BPBD, PMI, Polri, TNI, dan Jabar Bergerak Kota Banjar, melakukan evakuasi terhadap pohon besar yang menghantam tiang pancang Jembar.

“Petugas gabungan dan relawan yang lain melakukan evakuasi pohon pohon yang menghantam tiang pancang jembatan,” kata Kalak BPBD Kota Banjar, Kusnadi, Kamis (15/09/2022).

Baca Juga : Dampak Sungai Citanduy Meluap, TPT Ambruk dan Tiang Pancang Jembatan Baru Banjar Patah

Ia menjelaskan, jika pohon tersebut tidak segera dievakuasi khawatir air Citanduy kembali meluap, dan membuat kerusakan pada tiang pancang jembatan makin parah.

“Karena pohon itu besar, terus penuh sampah, jadi kalau ada air besar otomatis memiliki daya dorong yang kuat,” jelasnya.

Menurut Kusnadi, melihat kondisi cuaca saat ini sering hujan dengan intensitas cukup tinggi. Terutama di arah hulu, maka tidak menutup kemungkinan air sungai meluap lagi.

Oleh karena itu, pihaknya berharap masyarakat selalu waspada saat terjadi hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kota Banjar.

“Menghadapi cuaca sekarang ini, minimal ada mitigasi di lingkungan dengan melakukan penebangan pohon yang berpotensi roboh,” pungkasnya. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)