Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisRatusan Tim Ikuti Open Turnamen Petanque Tingkat Nasional di Ciamis

Ratusan Tim Ikuti Open Turnamen Petanque Tingkat Nasional di Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan tim Petanque dari 33 Kabupaten/Kota di 7 Provinsi di Indonesia mengikuti Open Turnamen Petanque Bupati Cup 2022 tingkat Nasional. Kegiatan tersebut berlangsung di Taman Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (10/9/2022).

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 tahun 2022.

Baca Juga: Program Ruspin Tahun 2022, DPRKPLH Ciamis Bangun 3 Unit untuk Masyarakat

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Dian Ghozin mengatakan, kegiatan open turnamen Petanque Bupati Cup tingkat nasional ini baru pertama kalinya digelar di Kabupaten Ciamis.

“Ada 7 Provinsi dan 33 Kabupaten/Kota yang mengikuti open turnamen tingkat nasional ini. Ada 2 kelas yang dipertandingkan. Pertama kelas Double Man yang diikuti oleh 100 tim, dan yang kedua kelas Double Woman yang diikuti oleh 57 tim,” katanya.

Menurutnya, animo dalam kegiatan ini sangat luar biasa. Padahal, Petanque itu masuk di Kabupaten Ciamis pada tahun 2019 akhir. Sehigga masih terbilang baru dan bungsu di tingkat Jawa Barat.

“Meskipun masih baru, tapi kita nanti akan jadi tuan rumah pada Porprov 2022 yang rencananya akan digelar pada bulan November tahun ini,” tuturnya.

Dalam kegiatan Open Turnamen Petanque Bupati Cup tingkat Nasional ini, ada total hadiah sebesar Rp 35 juta.

Bupati Ciamis Buka Open Turnamen Petanque Tingkat Nasional

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengatakan, Cabang Olahraga Petanque ini di Ciamis masih terbilang baru. Maka dari itu, dengan adanya even nasional ini juga sebagai upaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kabupaten Ciamis ini dipercaya menjadi tuan rumah dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar tahun 2022. Salah satu Cabor yang dipertandingkan di Ciamis itu adalah Petanque, ini suatu kebanggaan buat kita semua,” katanya.

Herdiat menambahkan, kegiatan turnamen ini bisa dijadikan pemanasan untuk event-event besar lainnya. Seperti halnya Porprov Jabar tahun 2022 yang digelar pada bulan November mendatang.

“Turnamen Petanque ini mendapat respon yang sangat luar biasa dari masyarakat. Terimakasih kepada jajaran ketua dan pengurus cabor Petanque Ciamis,” pungkasnya.(Feri/R7/HR-Online/Editor-Ndu)