Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruRumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Berikut Ini Ciri-cirinya

Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Berikut Ini Ciri-cirinya

Rumah yang tidak dimasuki malaikat? Bukan tidak mungkin. Tapi pada kenyataannya dalam ajaran Islam mengajarkan bahwa setiap rumah itu akan dimasuki oleh malaikat pembawa rahmat.

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling taat terhadap semua perintahnya. Logikanya saja begini, apabila malaikat itu hadir di rumah maka rumah tersebut sudah pasti akan penuh dengan keberkahan.

Untuk itu, sebagai umat muslim penting sekali mengetahui ciri rumah yang seperti apa yang akan malaikat Allah masuki. Dengan kita mengetahui hal tersebut nantinya kita juga dapat menghindari hal-hal yang membuat malaikat itu tidak memasuki rumah kita.

Pasalnya rumah itu tidak hanya menjadi tempat untuk bernaung dari teriknya panas dan derasnya hujan. Namun rumah juga mempunyai fungsi untuk menjaga seluruh anggota yang berada di dalam. Mengenai keselamatan serta kesejahteraan lahir juga batinnya.

Ketahuilah bahwa para malaikat itu menyukai rumah seorang muslim sehingga membuat mereka sering mendatangi. Kendati demikian, seperti pada penjelasan sebelumnya terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab malaikat itu enggan memasuki rumah tersebut.

Padahal rumah yang malaikat masuki itu adalah rumah yang terdapat banyak keberkahan. Sejauh ini apakah rumah kita merupakan rumah yang malaikat kunjungi sehingga rumah kita penuh dengan keberkahan?

Baca juga: Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar Tenang, Banyak Malaikat Turun Ke Bumi

Ciri-Ciri Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat

Sebagai umat muslim, apakah Anda sudah mengetahui kira-kira rumah yang seperti apa yang malaikat itu merasa enggan untuk masuk? Dengan tujuan semoga rumah kita juga termasuk sebagai salah satu rumah yang sering malaikat pembawa rahmat masuki.

Berikut ini beberapa ciri rumah yang tidak dimasuki oleh malaikat Allah.

Memiliki Anjing

Rumah yang tidak akan dimasuki oleh malaikat adalah rumah yang memelihara anjing. Sebagai makhluk yang suci tentunya malaikat juga menyukai rumah yang bersih.

Dengan demikian itu, rumah yang tidak terjaga kebersihannya sudah pasti akan malaikat jauhi. Ketahuilah salah satu faktor yang membuat rumah tidak suci adalah dengan keberadaan anjing.

Saat ini banyak sekali umat muslim yang menyepelekan akan hal tersebut. Sehingga mereka tidak peduli, meskipun mereka memelihara anjing.

Dalam ajaran agama Islam menjelaskan bahwa tidak boleh memelihara anjing kecuali dengan alasan tertentu. Misalnya anjing tersebut berguna sebagai penjaga rumah.

Kendati demikian sudah seharusnya pemeliharaan anjing sebagai penjaga rumah tersebut jangan sampai terdapat najis di dalam rumah. Najis dari anjing itu terdapat pada air liurnya.

Baca juga: Nama Malaikat Beserta Tugasnya, Wajib Diketahui dan Diimani

Kotor dan Beraroma Tidak Sedap

Kedua adalah rumah yang kotor serta mempunyai aroma tidak sedap yang membuat malaikat itu enggan masuk. Hal ini Nabi Muhammad SAW telah bersabda yang terdapat dalam Hadits Riwayat Muslim artinya adalah, “Siapapun yang memakan pohon tidak sedap ini janganlah mendekati masjid. Sungguh malaikat itu akan merasa sakit sebab aromanya sama seperti halnya manusia.

Maka dengan demikian itu menjaga kebersihan rumah juga hal yang sangat penting. Bukankah dalam Islam juga terdapat ajaran bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman.

Usahakan untuk selalu membersihkan rumah supaya tidak ada aroma yang tidak sedap dan membuat malaikat tidak mau masuk. Bukankah rumah yang bersih itu juga akan membuat penghuninya nyaman?

Memajang Patung

Bukan hanya itu saja, tetapi rumah yang memajang patung juga menjadi rumah yang tidak dimasuki malaikat. Penyebab ini terlihat sepele.

Mungkin beberapa orang menganggap bahwa patung tersebut mempunyai fungsi sebagai dekorasi. Jika dari sisi estetik mungkin rumah yang mempunyai dekorasi patung itu memang estetik. Tetapi jika kita lihat dari syariat Islam, hal tersebut merupakan suatu hal yang terlarang.

Apalagi jika anda itu membuat patung yang berbentuk utuh atau makhluk hidup. Pernyataan tersebut bukankah sudah menjadi hal yang terlarang sejak zaman dahulu.

Bukankah Allah mengutus para nabi dan rasul itu untuk mengajak mereka yang membuat berhala dan menyembahnya untuk menyembah Allah? Sehingga, rumah yang di dalamnya patung itu juga menjadi penyebab malaikat enggan masuk.

Supaya rumah kita berlimpah banyak keberkahan usahakan jangan sampai ada patung. Benda yang ukurannya kecil ataupun besar.

Baca juga: Perbedaan Malaikat Jin dan Manusia Menurut Ajaran Agama Islam

Orang Pelit

Ternyata orang yang pelit itu juga menjadi penyebab para malaikat tidak akan memasuki rumah. Pernyataan tersebut berarti para malaikat pembawa rahmat tidak akan memberikan rumah kita keberkahan.

Malaikat sendiri juga tidak suka dengan orang-orang yang tidak berbagi. Bukankah Allah SWT itu juga mempunyai sifat Maha Pengasih dan Allah juga melarang perilaku pelit?

Di samping itu bukankah segala hal yang kita miliki di dunia ini merupakan sumber rezeki dari Allah? Lalu mengapa sampai saat ini kita masih menjadi orang yang kikir tidak mau bersedekah?

Dalam hadits Riwayat Muslim yang artinya adalah, tidaklah suatu kaum berkumpul dalam satu rumah Allah guna membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya melainkan ketenangan jiwa yang akan mereka dapatkan. Mereka itu juga akan mendapatkan rahmat serta malaikat mengelilinginya. Kelak Allah juga akan menyebut nama mereka di hadapan para malaikat.

Dengan demikian itu jangan sampai rumah Anda itu tidak pernah dibacakan ayat suci Al-Qur’an. Pasalnya rumah yang tidak pernah dibacakan ayat suci Al-Qur’ran itu juga menjadi penyebab para malaikat tidak mau memasukinya.

Tetapi sebenarnya cara mengundang malaikat supaya masuk ke hunian kita itu juga merupakan hal yang mudah.

Silakan saja anda konsep rumah tersebut dengan karakter dan ajaran Islam, sehingga semua aktivitas di dalamnya rumah berlandaskan ibadah untuk mencari ridho dari Allah. Dengan demikian itu tempat tinggal kita tidak akan menjadi rumah yang tidak dimasuki malaikat. (Muhafid/R6/HR-Online)