Senin, Desember 5, 2022
BerandaBerita PangandaranSatu Kampung di Pangandaran Terisolir, Tim Gabungan Evakuasi Warga

Satu Kampung di Pangandaran Terisolir, Tim Gabungan Evakuasi Warga

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Satu kampung di Pangandaran terisolir akibat terendam banjir, mengingat intensitas curah hujan cukup tinggi akhir-akhir ini. Tim gabungan pun langsung mengevakuasi warga.

Kampung yang terisolir itu berada di Dusun Curug, Desa Bunisari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Tagana Pangandaran, Nana Suryana mengatakan, kampung tersebut bukan hanya terendam banjir, namun sampai terisolir.

“Sampai hari ini banjir merendam rumah warga masih terjadi di Dusun Curug, dan ketinggian banjir mencapai dua sampai tiga meter. Bahkan petugas sampai mengevakuasi dua KK dengan menggunakan perahu karet dan rakit,” terang Nana Suryana, Selasa (27/09/2022).

Baca Juga : Jalur Listrik PLN dan Rumah Warga di Pangandaran Tertimpa Pohon Tumbang

Ke dua KK tersebut rumahnya terendam banjir hingga genteng. Untuk itu tim gabungan dari TNI, Basarnas Polair, Tagana, BPBD dan relawan bahu-membahu membantu warga yang terdampak banjir dan terisolir. Serta mengevakuasi dua KK berikut barang yang masih bisa diselamatkan. 

Sampai saat ini, dua perahu karet dan rakit buatan masih standby di lokasi banjir untuk transportasi kebutuhan warga Dusun Curug, mengingat air belum surut.

“Selain itu, khusus untuk dua KK yang dievakuasi oleh tim gabungan, kini mengungsi di tempat yang lebih aman sambil menunggu surut,” kata Nana.

Sementara itu, tim gabungan hari ini menyalurkan bantuan untuk keperluan warga masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan tersebut berasal dari Kemensos, Pemprov, serta bantuan dari Pemkab Pangandaran.

“Penyaluran bantuan tersebut sangat penting, mengingat warga sangat membutuhkan,” pungkasnya. (Ntang/R3/HR-Online/Editor-Eva)