Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TasikmalayaSeorang Warga Tasikmalaya Diduga Mengalami Gejala Mirip Cacar Monyet

Seorang Warga Tasikmalaya Diduga Mengalami Gejala Mirip Cacar Monyet

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Seorang Perempuan berumur 17 Tahun, Warga Kota Tasikmalaya, diduga mengalami gejala mirip cacar monyet atau suspect monkeypox.

Hingga kini pasien tersebut diisolasi di RSUD dr Soekardjo Kota Tasikmalaya, Senin (12/9/2022).

Kadinkes Kota Tasikmalaya dr. Uus Supangat membenarkan bahwa ada kasus suspect monkeypox.

Meski begitu, ia menegaskan itu baru suspect lantaran pihaknya baru mengandalkan hasil pemeriksaan fisik.

“Kita dapat hasil lab-nya dari RSUD dr Soekardjo. Kemudian nanti kita kirim ke pusat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Hasilnya kita tunggu,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Korban Tertimbun Longsor di Tasikmalaya: Pasrah tapi Alhamdulillah Selamat

Kronologi Temuan Kasus Suspek Cacar Monyet

Ia mengungkapkan kronologi kasus tersebut bahwa pada 9 September 2022 lalu pihaknya mendapatkan laporan dari RSUD dr Soekardjo terkait adanya suspect monkeypox.

Kemudian pihaknya menurunkan tim yang ahli di bidang tersebut. Hasil diagnosisnya mirip cacar monyet. Sehingga pihaknya mengkategorikan suspect monkeypox.

Hal itu lantaran hasilnya belum terbukti 100 persen monkeypox, sehingga harus menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

“Pasien masih mendapatkan perawatan di ruang isolasi RSUD. Meski baru suspek, tapi kita mengutamakan protokol dalam penanganannya,” imbuh Uus.

Selain penanganan terhadap pasien, pihaknya juga melakukan tracking, wawancara hingga mendatangi rumah pasien.

Uus menyebut penyakit tersebut tidak hanya menular dari manusia saja, namun bisa dari hewan.

Karena itu pihaknya benar-benar memastikan riwayat aktivitas pasien itu, termasuk memeriksa hewan peliharaan apakah mengalami gejala yang sama atau tidak.

“Kondisi pasien alhamdulillah baik. Karena ada perbedaan cacar dari biasanya, makanya kita isolasi. Pasalnya kalau biasa dalam waktu 1X24 jam bisa terlihat, sedangkan yang ini membutuhkan waktu,” paparnya.

Adapun ciri-ciri gejalan yang timbul dari cacar monyet ini hampir mirip seperti cacar biasa, yakni demam, nyeri badan dan ada luka-luka pada tubuh.

Sementara monkeypox terjadi pembesaran getah benih, lukanya menyebar ke seluruh tubuh, mulai dari tangan hingga telapak kaki.

Tak hanya itu, gejala yang dialami pasien terdapat Astenia atau kelemahan fisik seperti kekurangan energi.

“Kita masih menunggu. Kita nggak bisa memastikan hari ini atau besok, tapi kita tunggu hasilnya. Mudah-mudah beberapa hari ke depan sudah bisa dapat hasil kepastian soal dugaan kasus cacar monyet ini,” pungkasnya. (Apip/R6/HR-Online)