Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruSholat Saat Adzan Berkumandang, Berikut Penjelasannya!

Sholat Saat Adzan Berkumandang, Berikut Penjelasannya!

Sholat saat adzan berkumandang apakah boleh? Sah atau tidak saat adzan berkumandang namun mengerjakan sholat? Terkadang ketika kita mendengarkan adzan kemudian kita segera melaksanakan sholat.

Kapan kita melakukan hal tersebut? Biasanya hal tersebut terjadi ketika kita sedang berada dalam kondisi mendesak. Bisa juga karena kesibukan yang mengharuskan seseorang itu melaksanakan sholat lebih awal.

Tetapi apakah boleh kita melakukan sholat ketika adzan sedang berkumandang? Benar, melaksanakan sholat wajib merupakan hal yang harus setiap umat muslim lakukan.

Sesibuk apapun ia, sholat harus menjadi prioritas utama. Ingat, sholat itu menjadi cerminan diri bagi setiap orang. “Sholatmu cerminan dirimu”. Di samping itu, sholat juga menjadi tiang agama. Kelak amalan ini akan mendapat hisab yang pertama.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Al Quran telah menjelaskan tanda masuknya waktu sholat. Lantas apakah kita boleh melaksanakan sholat ketika adzan tersebut belum berhenti berkumandang?

Banyak orang yang melaksanakan sholat saat adzan berkumandang. Pernahkah Anda melakukannya?

Baca juga: Tata Cara Adzan dan Iqomah yang tidak Sulit untuk Diamalkan

Sholat Saat Adzan Berkumandang, Begini Hukumnya

Memang benar adzan merupakan pertanda sudah masuknya waktu sholat. Apakah boleh kita melaksanakan sholat, sedangkan kita juga mempunyai kewajiban untuk menjawab adzan tersebut.

Lantas mana yang harus diutamakan, apakah sholat atau menjawab lafadz adzan yang berkumandang tersebut? Sudah pasti hal tersebut membuat banyak umat muslim bingung. Pasalnya sholat sendiri hukumnya wajib, sedangkan menjawab adzan menjadi anjuran.

Dalam hadits riwayat Bukhari menjelaskan, apabila kalian mendengarkan seruan adzan maka ucapkanlah seperti yang Muazin ucapkan.

Dengan demikian itu berarti setiap umat muslim juga mempunyai kewajiban untuk menjawab adzan sebagaimana lafadz yang seorang muadzin kumandangkan.

Hanya saja terdapat beberapa jawaban yang berbeda dengan lafadz yang adzan kumandangkan. Lantas bagaimana sholat saat adzan berkumandang jika terdapat pernyataan dalam hadits riwayat Bukhari tersebut?

Ketahuilah sebenarnya melaksanakan sholat meskipun adzan belum selesai itu adalah sah. Maka, sholat tersebut bukanlah suatu masalah.

Jadi kita boleh melaksanakannya meskipun adzan belum selesai berkumandang. Sudah sangat jelas bukan?

Baca juga: Tata Cara Sholat Bagi yang Sakit, Tunaikan Ibadah Wajib!

Menjawab Adzan

Tapi meskipun hukumnya sah, tapi alangkah lebih baiknya jika kita menjawab adzan yang berkumandang tersebut terlebih dahulu. Pasalnya menjawab adzan yang berkumandang itu juga mempunyai tujuan untuk memperoleh syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Dalam hal ini juga Rasulullah SAW telah bersabda, apabila kamu itu mendengar muadzin maka ucapkanlah seperti apa yang ia ucapkan. Selanjutnya bacalah shalawat kepadaku.

Siapapun yang membaca sholawat untukku satu kali maka Allah akan membalasnya dengan 10 sholawat. Lalu Mintalah kepada Allah wasilah untukku, barangsiapa yang memohon wasilah untukku maka ia juga akan mendapatkan syafaat ku.

Oh iya, tidak semua lafadz adzan yang dikumandangkan bisa kita jawab dengan lafadz yang sama. terdapat beberapa lafadz yang jawabannya itu berbeda.

Misalnya adalah lafadz Hayya ‘alassholah. Maka lafadz yang harus kita baca untuk menjawab lafadz tersebut adalah Laa Haula Wala quwwata illa billah.

Maka dengan demikian itu sudah jelas bahwa menjawab adzan merupakan amalan yang akan mendatangkan syafaat Nabi Muhammad. Sedangkan hukum menjawab adzan itu sendiri ada yang mengatakan sunnah ada juga yang mengatakan wajib.

Bisa dikatakan sholat saat adzan berkumandang dengan menjawab adzan itu dua pertimbangan yang berat. Mengapa demikian? Karena sholat hukumnya wajib, sedangkan adzan bisa dikatakan sebagai amalan anjuran yang kelak akan mendatangkan syafaat Nabi SAW.

Baca juga: Waktu Sholat Dhuha Terbaik, Ketahui Agar Pahalanya Sempurna

Sholat Lebih Utama

Jadi dengan demikian itu bisa kita simpulkan meskipun sholat saat sedang ada adzan adalah sah. Tetapi alangkah lebih baiknya jika kita menjawab adzan tersebut terlebih dahulu.

Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan dunia itu pada akhirnya juga akan kita tinggalkan. Karena kelak jika meninggal, bukan harta yang kita miliki akan kita bawa ke kuburan.

Lebih tepatnya yang akan kita bawa ataupun yang akan menemani kita ketika sudah berada di alam barzakh adalah amalan. Amalan yang berkaitan dengan seberapa ketaatan kita terhadap perintah Allah dan rasulnya.

Bukan harta dan bukan orang-orang yang kita cintai. Memang tidak boleh menunda-nunda waktu untuk melaksanakan ibadah sholat. Namun, meskipun hukumnya sah sholat saat adzan berkumandang, namun usahakan untuk menjawab adzan tersebut terlebih dahulu. (Muhafid/R6/HR-Onine)