Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruTanaman yang Tumbuh di Luar Angkasa China Pamerkan, Apa Itu?

Tanaman yang Tumbuh di Luar Angkasa China Pamerkan, Apa Itu?

Tanaman yang tumbuh di luar angkasa, memang ada? Banyak yang beranggapan bahwa tanaman tidak ada yang tumbuh di luar angkasa. Namun, laboratorium luar angkasa milik China mengungkap hal mengejutkan.

Mereka menyatakan bahwa di modul laboratorium Wentian terdapat dua jenis benih tanaman yang mulai tumbuh. Tumbuhan tersebut kini bahkan memiliki kondisi yang terbilang baik.

China menyampaikan informasi ini di konferensi pers terkait dengan kemajuan eksperimen pembudidayaan tanaman yang ada di stasiun luar angkasa mereka.

Baca Juga: Tanaman dari Tanah Bulan Berhasil Tumbuh untuk Pertama Kalinya!

China Pamerkan Tanaman yang Tumbuh di Luar Angkasa Hasil Eksperimen Mereka

Majunya teknologi saat ini memberikan dampak yang baik untuk ilmu astronomi. Dulu mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa manusia bisa menanam tanaman di luar angkasa.

Karena kemajuan teknologi, kini ilmuwan astronot dari China dapat membudidayakan tanaman di luar Bumi. Melansir dari Global Times, China berhasil menanam dua benih tumbuhan di luar angkasanya.

Ini menjadi suatu keberhasilan yang sangat berharga dan menjadi petunjuk bahwa manusia sudah jauh melangkah maju.

Baca Juga: Panen Selada di Luar Angkasa, Bagaimana Bisa dan Amankah Dimakan?

Terdapat Dua Jenis Tanaman

Hal yang lebih mengejutkannya lagi, China tidak hanya berhasil menumbuhkan satu jenis tanaman, melainkan sekaligus dua. Mereka membawa sampel benih dari dua jenis tanaman, yaitu Arabidopsis dan juga padi.

Kedua benih tersebut kemudian para astronom China tanamkan di kabinet eksperimen ekologi kehidupan Laboratorium Wentian. Adapun China meluncurkan laboratorium ini ke luar angkasa sejak bulan Juli lalu.

Benih Arabidopsis telah berkembang hingga memiliki daun beberapa helai. Sementara itu benih padinya juga telah tumbuh. Bahkan sudah mencapai sekitar 30 sentimeter tingginya.

Selanjutnya, astronom akan melakukan eksperimen siklus kehidupan kedua tanaman yang tumbuh di luar angkasa tersebut agar bisa mendapatkan benihnya.

Baca Juga: Kehidupan Astronot di Stasiun Luar Angkasa, Bisa Main Bisbol Hingga Fakta Makanannya

Untuk Memenuhi Kebutuhan Misi Eksplorasi Panjang di Luar Angkasa

Pada dasarnya eksperimen ini terjadi untuk mencari alternatif yang bisa memenuhi kebutuhan pangan para astronom di luar angkasa. Tidak jarang astronom akan melakukan misi dalam waktu yang sangat panjang.

Zheng Huiqiong sebagai peneliti dari Pusat Keunggulan dalam Ilmu Tanaman Molekuler berharap bahwa eksperimen ini nantinya dapat memberikan pedoman teoritis untuk produksi biji-bijian di luar angkasa.

Menurut Zheng, pertumbuhan tanaman di luar angkasa sangat riskan karena menghadap sejumlah masalah. Misalnya saja seperti waktu berbunga yang tertunda, daya berkecambah yang lebih rendah, dan bahkan hingga kualitas benihnya juga menurun.

Sehingga, hanya ada beberapa tanaman yang telah menyelesaikan eksperimen di luar angkasa dan mendapatkan benih yaitu gandum, kacang polong, dan rapeseed.

“Beberapa tanaman seperti gandum, kacang polong, dan rapeseed saja yang bisa menyelesaikan eksperimen di luar angkasa ini dan berhasil mendapatkan benih,” ujar Zheng.

Hasil benih dari tanaman yang tumbuh di luar angkasa ini akan astronom bawa kembali ke Bumi. Kemudian akan melewati tahap penelitian lebih lanjut dari para ilmuwan. (R10/HR-Online)