Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita NasionalTantangan Menuju Endemi Covid-19 Jadi Perhatian Danone Indonesia dan AMSI

Tantangan Menuju Endemi Covid-19 Jadi Perhatian Danone Indonesia dan AMSI

Danone Indonesia bekerja sama dengan AMSI atau Asosiasi Media Siber Indonesia menyelenggarakan workshop, untuk membahas tantangan kesehatan masyarakat menuju endemi Covid-19.

Sebanyak 40 media nasional dan lokal mengikuti workshop program edukasi publik yang berlangsung secara virtual, pada Rabu (21/9/2022).

Sementara dalam workshop cyber media forum dengan tema “Potret dan Tantangan Kesehatan Masyarakat Menuju Endemi COVID-19” tersebut, Danone dan AMSI menghadirkan pembicara yang kredibel.

Seperti Wekadigunawan selaku Pengurus Pusat IAKMI, Widyawati selaku Direktur Promosi Kesehatan Kemenkes. Kemudian, Ketua Dep. Ilmu Gizi FKUI Nurul Ratna, dan Redaktur Pelaksana Detik Health Uyung Pramudiarja.

Workshop tersebut juga dibuka oleh Sekretaris Jenderal AMSI, Wahyu Dyatmika, serta Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin.

Baca Juga: AMSI Cari Role Model Bisnis Digital yang Berkelanjutan

Adapun rancangan Program Cyber Media Forum besutan Danone Indonesia dan AMSI ini berformat workshop online.

Pesertanya dari media siber anggota AMSI berbagai daerah. Seperti dari Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah. Kemudian Bali, Lampung, Sumatera Barat, Manado, Medan, Kalimantan, Papua dan Makassar.

Sementara untuk materinya yaitu seputar kesehatan, nutrisi dan juga hidrasi. Tujuannya yakni untuk meningkatkan pengetahuan ataupun soft skills dari para peserta workshop.

Danone Indonesia dan AMSI Dukung Edukasi Kesehatan Masyarakat

Seperti kita ketahui, bahwa pembangunan kesehatan nasional adalah salah satu yang menjadi fokus dari pemerintah.

Sementara salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mendukung kesehatan nasional, yaitu dengan memastikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan. Selain itu juga pemahaman akan pentingnya pemenuhan nutrisi serta hidrasi dan juga gaya hidup sehat.

Sehingga untuk menjawab permasalah tersebut, Danone Indonesia bersama AMSI mengadakan program “Cyber Media Forum”.

Program tersebut sebagai bentuk edukasi untuk meningkatkan kompetensi bagi media online. Selain itu juga, membangun ruang dalam menghasilkan karya jurnalistik tentang isu kesehatan di berbagai portal berita.

Menurut Sekjen AMSI, Wahyu Dyatmika, bahwa sekarang ini jumlah pemakai internet nasional meningkat sebesar 54,25 persen. Kemudian, penetrasi internet sampai 73,7 persen dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia.

Kemudian jika melihat dari data Reuters Institute, kata Wahyu, menunjukkan kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan berbagai media online atau daring untuk mengonsumsi berita.

“Oleh karena itu, kondisi inilah yang menjadi peluang sangat strategis buat media daring, untuk mengambil peran memberikan edukasi kepada masyarakat,” katanya saat membuka acara workshop program Danone Indonesia dan AMSI.

“Khususnya dalam isu-isu utama buat masyarakat seperti seputar kesehatan,” imbuhnya.

Baca Juga: AMSI Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Manajemen dan Bisnis Media Online

Lebih lanjut Wahyu menambahkan, bahwa salah satu tantangan bagi pemerintah maupun publik saat ini adalah situasi kesehatan nasional.

Oleh karena itu, ia berharap sebagai insan pers bisa menjalankan tugasnya sebagai sumber penyedia informasi dari sumber-sumber kredibel.

“Sehingga bisa jadi rujukan buat publik, supaya mereka mampu menyikapi informasi dengan tepat sasaran” ujarnya.

Tujuan Danone Indonesia dan AMSI Gelar Workshop Cyber Media Forum

Sementara itu, Arif Mujahidin mengatakan, bahwa pertumbuhan informasi di digital begitu cepat.

“Itulah tantangan yang harus rekan-rekan jurnalis atau media massa imbangi. Akan tetapi, harus tetap berpegang kepada prinsip informasi yang akurat, faktual, dan juga akuntabel,” katanya.

Menurutnya, salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas jurnalisme, yaitu dengan terus memberikan pendidikan serta uji kompetensi.

Baca Juga: AMSI Konsisten Kuatkan Ekosistem Media Digital di Indonesia

Selain tujuan untuk meningkatkan kualitas jurnalis, Danone Indonesia dan AMSI juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Edukasi tersebut yaitu seputar isu kesehatan serta nutrisi, lewat jurnalis sebagai key opinion leader dalam menyebarkan informasi ke masyarakat.

“Hal itu sebagaimana misi dan komitmen kami, yaitu membawa kesehatan ke banyak orang atau masyarakat. Jadi, tidak cuma lewat operasional bisnis, tapi kami juga mengupayakan dengan memberikan edukasi untuk publik,” pungkasnya.

Sekilas Tentang Danone Indonesia

Workshop tentang Tantangan Kesehatan Masyarakat Menuju Endemi Covid-19 adalah hasil kerja sama antara Danone Indonesia dengan AMSI.

Program Cyber Media Forum tersebut menjadi salah satu bukti Danone yang perhatian tentang pembangunan kesehatan nasional, yang menjadi fokus dari pemerintah.

Sebagai informasi, Danone adalah salah satu perusahaan minuman dan makanan paling besar bukan hanya di Indonesia namun juga dunia.

Salah satu misi dari perusahaan tersebut yaitu memberikan kesehatan kepada sebanyak mungkin orang.

Saat ini, Danone sudah beroperasi di 130 negara, dengan jumlah karyawan lebih dari 100 ribu orang di seluruh dunia.

Sementara untuk di Indonesia sendiri, Danone mempunyai 26 pabrik yang jumlah karyawannya mencapai lebih dari 15.000 orang. (Adi/R5/HR-Online/Editor-Adi)