Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita CiamisTebing Saluran Air Longsor Timbun Kolam dan Sawah di Ciamis

Tebing Saluran Air Longsor Timbun Kolam dan Sawah di Ciamis

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Tebing pada saluran air setinggi 6 meter di Dusun Sindangasih, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, longsor. Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Ciamis, Jumat (23/9/2022) malam.

Akibat tebing longsor, air yang harusnya mengalir malah meluber hingga membanjiri dan menimbun sejumlah kolam dan sawah milik warga.

Meski tidak ada korban jiwa, akibat tebing saluran air longsor tersebut menimbulkan kerugian hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Nono, Kasi kesejahteraan Desa Ciakar mengatakan, peristiwa longsor tersebut terjadi pada pukul 23.00 WIB. Sebelumnya hujan mengguyur wilayah Ciakar dengan intensitas yang sangat deras. Sehingga tebing penahan saluran tidak kuat menampung volume air yang sangat deras. Akhirnya, karena terkikis air, tebing tersebut longsor.

Baca Juga: Antisipasi Longsor Susulan, Warga Sukawening Minta Pemkab Ciamis Bangun TPT

“Material tebing longsor menutupi sawah dan kolam warga dan juga terkena banjir. Air dari saluran tersebut tidak bisa mengalir karena terputus akibat longsor. Jadi air meluber ke sawah dan kolam,” ungkapnya.

Nono menjelaskan kolam yang tertutup longsor merupakan milik Irpan Apriadi dan sawah milik Jamaluddin. Kedua orang pemilik sawah dan kolam itu merupakan warga Sindangasih.

Tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut diperkirakan kerugian mencapai tiga puluh juta rupiah.

Nono menyampaikan, agar pasokan air untuk areal persawahan dan kolam kembali normal, warga masyarakat membuat saluran air sementara dengan menggunakan pipa paralon.

Nono menambahkan, derasnya hujan juga mengakibatkan, kabel listrik milik PLN nyaris menyentuh tanah. Untuk itu pihaknya berharap agar secepatnya memperbaikinya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Diskominfo Kota Banjar