Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita BanjarTingkatkan Skill, BPBD Kota Banjar Latihan Menyelam di BWP

Tingkatkan Skill, BPBD Kota Banjar Latihan Menyelam di BWP

Berita Banjar (Harapanrakyat.com),- Meski terbengkalai, BPBD Kota Banjar memanfaatkan kolam prestasi Banjar Waterpark (BWP) untuk latihan dasar teknik menyelam.

BPBD Banjar melakukan latihan bersama dengan BPBD Ciamis, Galuh Scout Rescue (GSC) Kwarcab Ciamis, PMI, dan Pramuka Peduli 0925 Kwarcab Kota Banjar.

Anggota BPBD Kota Banjar Dede Haris mengatakan latihan menyelam tersebut untuk meningkatkan skil dan kemampuan.

“Selain itu kegiatan latihan bersama ini dalam rangka meningkatkan kapasitas petugas dan relawan,” kata Dede Haris, anggota BPBD Kota Banjar, Sabtu (10/9/2022).

Ia menjelaskan, ada beberapa materi dalam latihan bersama itu. Antara lain Tryscuba, Basic Selam, Renang Snorkel, Teknik Masuk Air.

Baca juga: Alat Pendeteksi Gempa Terpasang di BPBD Banjar

“Kemudian ada juga materi Ekualising, Masker Clearing, Pengenalan alat selam dan penggunaannya,” jelasnya.

Menurutnya, latihan bersama itu baru pertama dilakukan di kolam prestasi Banjar Waterpark. Ke depan akan menjadi agenda rutin setiap satu minggu sekali.

“Ini latihan perdana, tapi ke depannya akan rutin setiap hari sabtu. Tempatnya tidak selalu di Banjar Waterpark, tempatnya gantian,” pungkasnya.

Selain meningkatkan kapasitas petugas dan relawan, ia berharap latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan dasar dan teknik menyelam.

“Alhamdulillah yang ikut dalam latihan menyelam ini sebanyak 22 orang. mudah-mudahan bisa meningkatkan teknik menyelam khususnya bagi petugas dan relawan,” pungkasnya. (Sandi/R9/HR-Online/Editor-Dadang)