Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruTipe Wanita yang Tidak Layak Dinikahi, Ketahui Agar Tak Menyesal

Tipe Wanita yang Tidak Layak Dinikahi, Ketahui Agar Tak Menyesal

Tipe wanita yang tidak layak dinikahi dalam ajaran islam, juga menjadi perhatian tersendiri. Dengan mengetahui bagaimana tipe-tipe wanita tersebut, bisa menjadi salah satu upaya untuk menghindarinya.

Jika islam saja sudah menegaskan jika wanita tersebut tak layak untuk kita nikahi. Sudah seharusnya kita sebagai umat muslim juga harus menjauhi. Bukan apa-apa, lebih tepatnya bertujuan agar tidak salah pilih pada akhirnya.

Meskipun di dunia ini tidak sedikit jumlah wanita. Namun, tidak semua wanita bisa kita nikahi atau bisa kita jadikan istri idaman. Justru malah sebagian tidak direkomendasikan untuk menjadi istri.

Sebab, memiliki sifat juga karakter yang tidak sesuai dengan syariat islam. Sedangkan karakter perempuan itu juga bisa mempengaruhi kehidupan dalam rumah tangga. Bukan tidak mungkin jika tidak harmonis dan hanya ada kekacauan.

Tentunya siapapun tidak ingin hal tersebut terjadi. Setiap laki-laki pastinya juga mendambakan perempuan yang berakhlakul karimah dan juga taat kepada suami. Setelah menikah, surga seorang istri itu terletak pada ridho dari seorang suami.

Sebagaimana yang terdapat dalam hadits riwayat Thabrani yang artinya adalah, dunia merupakan perhiasan dan sebaik-baik perhiasan ia wanita shalihah.

Baca juga: Rumah yang Tidak Dimasuki Malaikat, Berikut Ini Ciri-cirinya

Tipe Wanita yang Tidak Layak Dinikahi, Seperti Apa

Perlu Anda ketahui, bahwa sebagian orang Arab mengatakan bahwa wanita yang Annanah, Mannanah, dan Hannanah tidak boleh untuk kita nikahi. Selain ketiga tipe tersebut, wanita yang haddaqah, syaddaqah, serta barraqah juga termasuk didalamnya.

Berarti, terdapat 6 tipe wanita yang tidak layak dinikahi. Supaya Anda bisa lebih paham akan maksud dari istilah tersebut. Penting sekali untuk menyimak informasi berikut ini.

Hannanah

Untuk tipe perempuan yang tidak layak untuk kita nikahi yang pertama adalah Hannanah. Bagaimana maksudnya? Wanita yang mempunyai sifat ini juga lebih condong kepada orang tuanya. Jadi, wanita jenis ini juga selalu mendahulukan ayah dan ibunya. Padahal, sebenarnya setelah menikah itu, istri harus taat kepada suami.

Tidak hanya itu saja. Sifat ini juga berlaku untuk wanita yang dua kali menikah. Pasalnya, ia juga lebih merindukan suami pertamanya daripada suaminya yang sekarang. Tipe yang seperti ini juga sulit untuk mencapai keluarga yang sakinah dalam mahligai rumah tangga Anda. Sungguh naudzubillahimindzalik.

Baca juga: Syarat dan Rukun Nikah dalam Ajaran Islam

Mannanah

Berikutnya, yang juga termasuk dalam tipe wanita yang tidak boleh untuk kita nikahi adalah ia yang mempunyai sifat Mannanah. Apa yang dimaksud dengan sifat tersebut? Ketahuilah, wanita ini menikah dengan suaminya, sebab harta yang suaminya miliki.

Mungkin kita lebih familiar dengan istilah matre. Masih adakah perempuan seperti itu saat ini. Banyak, namun harapannya kita tidak termasuk dalam salah satunya.

Selain disebabkan karena hartanya, wanita ini juga menikahi suaminya karena ketampanannya. Ingat, tampan kalau sudah tua akan keriput juga.

Baik dan buruknya pasangan kita bukan ukuran untuk kita tetap setia ataupun meninggalkan. Niatkan menikah untuk menyempurnakan agama, ibadah dan menggapai Jannah.

Annanah

Selain itu tipe wanita yang tidak boleh dinikahi yakni Annanah. Merupakan seorang wanita yang suka mengeluh. Biasanya ia akan mengatakan “Aku lelah, aku sakit, dan bisa juga ia mengatakan aku stress”. Mungkin tipe ini juga terlihat sepele. Tetapi, ternyata wanita seperti itu tidak layak untuk kita nikahi.

Bukan hanya suka mengeluh, melainkan wanita yang Annanah juga tidak peduli dengan segala hal yang sudah suaminya berikan. Padahal sang suami juga sudah melakukan hal terbaik. Tetap saja sang istri mengeluh dalam segala hal bahkan ia juga tidak tersenyum.

Baca juga: Keutamaan Bulan Safar, Waktu yang Baik untuk Menikah

Syaddaqah

Ternyata syaddaqah juga termasuk wanita yang tidak layak untuk kita nikahi. Apa yang menjadi alasan wanita memiliki sifat Syaddaqah tak layak untuk kita nikahi? Karena ia suka bicara mengenai segala hal. Entah hal yang belum ia ketahui maupun yang sudah. Lidahnya juga tidak pernah berhenti dan lidahnya tersebut juga mendahului pikirannya.

Tak hanya itu saja pastinya wanita yang tidak layak untuk kita nikahi. Ia yang barraqah juga harus kita hindari. Seperti apa wanita barraqah itu? Ia yang selalu menginginkan segala hal yang berada di depannya.

Contohnya, ketika ia sedang pergi dengan suami, dan melihat banyak hal lalu mengatakan “Aku menginginkan ini, itu, dan lainnya”. Perempuan yang seperti ini juga tak pernah memikirkan apakah ia memiliki uang atau tidak.

Terakhir adalah haddaqah adalah ia wanita yang menuntut suaminya untuk menuruti keinginannya. Nah, itulah beberapa tipe wanita yang tidak layak dinikahi dalam ajaran Islam. Semoga kita dijauhkan dari hal tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)