Kamis, September 29, 2022
BerandaBerita TerbaruTuas Persneling Motor, Definisi dan Fungsinya pada Sistem Manual

Tuas Persneling Motor, Definisi dan Fungsinya pada Sistem Manual

Tuas persneling motor fungsinya cukup penting untuk kendaraan sistem manual. Motor balap dan moge yang umumnya memiliki tuas persneling. Pengguna motor manual sebaiknya mengenal komponen tersebut agar dapat memanfaatkan fungsinya dengan baik.

Tenang saja, kami akan memberikan ulasan tentang tuas persneling dan fungsinya. Berikut ini penjelasan yang kami sampaikan.

Baca Juga: Cara Menyetel Stasioner Motor Paling Mudah, Begini Tips-nya!

Mengenal Tuas Persneling Motor

Saat ini sepeda motor hadir dengan berbagai tipe berbeda yang dapat dipilih sesuai selera. Salah satu sepeda motor yang dari dulu tetap menjadi pilihan yaitu dengan sistem transmisi manual.

Transmisi manual merupakan sistem yang menggunakan beberapa perakitan roda gigi untuk menghasilkan perbandingan berbeda. Perbandingan tersebut biasanya dilakukan melalui selektor.

Dalam kendaraan baik motor atau mobil, persneling memiliki peran cukup penting. Fungsinya tidak bisa Anda sepelekan. Motor manual artinya menggunakan kendaraan dengan sistem perpindahan gigi menggunakan bantuan tangkai.

Sistem pada sepeda motor ini memungkinkan pergantian perbandingan kecepatan tenaga atau arah putar. Persneling biasa disebut dengan transmisi. Karena fungsinya yang cukup penting sebaiknya Anda merawatnya secara tepat.

Baca Juga: Komponen Kopling Manual Motor Beserta Fungsinya

Fungsi Persneling

Fungsi dari tuas persneling motor yaitu memindahkan gigi rendah ke tinggi atau sebaliknya. Fungsinya untuk mempercepat laju kendaraan saat putaran mesin tetap.

Sehingga memberikan kemungkinan motor berhenti saat mesin menyala. Bahkan memberi kemungkinan motor berjalan mundur tanpa membalikan putaran mesin.

Sebenarnya untuk jenisnya sendiri transmisi ada bermacam-macam. Mulai dari transmisi semi otomatis, otomatis, dan manual. Untuk fungsi dari persneling itu sendiri cukup bervariasi.

Anda bisa memanfaatkan persneling pada motor sistem manual. Dengan adanya persneling, para pengendara bisa memindahkan kecepatan atau gigi sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Kopling Ditekan Motor Masih Jalan, Awas, Bisa Ini Penyebabnya

Memindahkan Gigi ke Posisi Rendah dan Tinggi

Salah satu fungsi dari tuas persneling motor sangat terasa ketika kendaraan melalui area jalan menanjak. Saat permukaan jalan menanjak pengemudi dapat memindahkan gigi motor ke posisi rendah.

Sedang saat motor akan melaju kembali, pengendara bisa menghasilkan tenaga maksimal ketika melalui jalan menanjak.

Menambah gigi ke posisi tinggi juga menjadi salah satu fungsi tuas persneling motor. Seperti penjelasan sebelumnya Anda bisa memindahkan gigi ke posisi tinggi maupun rendah.

Kondisi ini bisa digunakan ketika motor melaju pada area jalan menurun. Sehingga laju kendaraan akn lebih lambat.

Dengan mengurangi persneling gigi mengurangi kecepatan dan secara otomatis Anda tidak perlu melakukan pengereman. Meski demikian Anda tidak perlu takut terjatuh.

Semua komponen sepeda motor memiliki fungsi cukup penting. Hal ini juga terjadi pada sistem transmisi kendaraan. Anda perlu mengetahui jenis komponen untuk dapat memfungsikannya secara tepat.

Begitu pula untuk tuas persneling motor adalah salah satu komponen yang dapat mempengaruhi laju kendaraan. Karena fungsinya yang cukup penting ada baiknya Anda lebih memahami ketika mengendarai motor transmisi manual. (R10/HR-Online)