Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruTumbuhan Berdaun Tunggal, Inilah Pengertian Hingga Contohnya!

Tumbuhan Berdaun Tunggal, Inilah Pengertian Hingga Contohnya!

Tumbuhan berdaun tunggal hanya mempunyai satu buah helaian daun saja. Ciri khas dari tumbuhan yang berdaun tunggal dapat terlihat dari bentuk tulangnya. Apa saja ciri-ciri tumbuhan yang memiliki daun tunggal?

Dalam biologi, daun memiliki istilah folium dan anak daun yang merupakan foliolum. Daun merupakan organ atau bagian tubuh tumbuhan yang sangat berguna.

Berdasarkan tulang daunnya, daun tumbuhan terbagi menjadi dua jenis, yaitu daun tunggal dan juga majemuk.

Baca Juga: Contoh Gerak Fotonasti pada Tumbuhan, Ini Pengertiannya!

Apa Itu Tumbuhan Berdaun Tunggal?

Daun tunggal memiliki ciri khas mereka sendiri, yaitu waktu pembentukannya yang tidak sama. Daun tua akan mulai gugur pada waktunya dan kemudian diikuti oleh daun muda.

Sesuai dengan namanya, daun tunggal artinya hanya memiliki satu tulang daun. Daun tunggal hanya akan terdiri dari satu helai. Umumnya memiliki kuncup yang berada di sekitar ketiak tangkai daun.

Daun tunggal memiliki dua jenis susunan, yaitu lengkap dan tidak lengkap. Kelengkapan ini berdasarkan pada pelepah daun, tangkai, dan juga helainya.

Beberapa daun tunggal yang tidak lengkap adalah daun berupih, daun bertangkai, daun semu, dan juga daun duduk atau sessile.

Daun berupih memiliki helaian dan upih daun saja. Sedangkan daun bertangkai adalah daun yang memiliki tangkai dan helaian.

Filodia atau daun semu merupakan daun yang mengalami perkembangan tangkai secara melebar. Dan yang terakhir, daun duduk atau sessile adalah daun yang memiliki bentuk pangkal memeluk batang dan hanya memiliki helaian daun saja.

Baca Juga: Tulang Daun Monokotil Tumbuhan: Ciri-Ciri dan Klasifikasinya!

Pertulangan Helai Daun Tunggal

Ini merupakan sekumpulan berkas pengangkutan yang ada pada helaian daun atau perpanjangan dari tangkainya. Pertulangan pada daun tunggal terdiri dari ibu tulang daun atau costa, tulang cabang atau nervus lateralis, dan urat daun atau vena.

Pada tumbuhan berdaun tunggal, terdapat empat tipe pertulangan. Tipe tersebut berdasarkan pada susunan tulang cabangnya.

  • Melengkung: artinya beberapa tulang daun memiliki susunan yang melengkung dari ujung tangkainya.
  • Menjari: susunan tulang ini terdiri dari beberapa cabang yang menyerupai jari lurus. Tulang cabang tersebut akan muncul dari ujung tangkai daun.
  • Menyirip: merupakan susunan tulang cabang yang mirip seperti sirip pada ikan.
  • Sejajar: beberapa susunan tulang daun yang sejajar dari bagian pangkal hingga ujung helaiannya.

Baca Juga: Contoh Daun Menyirip pada Tumbuhan dan Kehidupan Manusia

Contoh Tumbuhan yang Memiliki Struktur Daun Tunggal

Dalam mempelajari sesuatu, memang paling mudah jika kamu mengetahui contoh-contohnya. Ada begitu banyak jenis tanaman yang termasuk ke dalam struktur daun tunggal.

Beberapa yang mungkin sering kamu temui adalah daun mangga, daun jambu, daun jeruk, daun padi, daun pisang, daun dewa, dan lain sebagainya.

Contoh dari tumbuhan berdaun tunggal tersebut banyak terdapat di sekitar rumah. Bahkan beberapa dari mereka memiliki fungsi yang sangat baik di dalam kehidupan untuk manusia, seperti daun pisang untuk membungkus makanan dan daun jeruk sebagai penambah cita rasa makanan. (R10/HR-Online)