Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruViral! Polisi Pamer Ruang Keamanan Data ala Hacker, Ternyata Hanya Wallpaper

Viral! Polisi Pamer Ruang Keamanan Data ala Hacker, Ternyata Hanya Wallpaper

Baru-baru ini viral melalui media sosial petugas polisi pamer ruang keamanan data ala hacker. Pihak kepolisian memang saat ini terus menguatkan keamanan penjagaan data di tengah maraknya gempuran hacker bernama Bjorka.

Seperti halnya terlihat dalam sebuah tayangan video yang memperlihatkan seorang petugas polisi tengah duduk di sebuah ruangan digital. Dalam ruangan tersebut terdapat perangkat komputer dengan tampilan layar monitornya mirip hacker.

Video polisi pamer ruang keamanan data itu diunggah oleh akun TikTok bernama fikri.fadlu pada Sabtu (17/09/2022).

Dalam keterangan video tersebut terdapat sebuah pesan yang bertuliskan “Perkuat sistem keamanan data Polri,” dan tersemat emoji simbol api yang menyala.

Tampak dalam video itu juga memperlihatkan seorang anggota polisi tengah duduk memantau sebuah layar. Ia ditemani segelas kopi yang, kemudian ia minum. Sekilas pemandangan ruangan tersebut terlihat sangat meyakinkan.

Baca Juga : Hacker Bjorka Muncul Lagi, Kali Ini Mengolok-olok Tindakan Pemerintah RI

TikTokers Bongkar Ruang Keamanan Data ala Hacker

Namun, seorang TikTokers bernama fikri.fadlu membongkar rahasia terkait tampilan layar yang mirip dengan hacker tersebut.

Faktanya, tampilan layar yang terlihat seperti pemograman data itu tak lain hanyalah sebuah wallpaper. Siapa pun bisa menemukan dengan mudah walpaper seperti itu di Google.

Kemudian, TikTokers itu membongkar cara yang polisi lakukan pada komputernya. Ternyata cara tersebut mudah, tinggal masukan tulisan ‘hacker background’ melalui mesin pencarian google. Maka tampilan seperti itu akan muncul.

11 Juta Penoton, 26 Ribu Komentar

Baca Juga : Hacker Mencuri Data Identitas Kamu Melalui Media Sosial, Hati-hati!

Sontak video tersebut menuai beragam respon dari para warganet. Ada yang mengaku sudah percaya, ada juga yang turut malu melihat tingkah anggota polisi itu.

“itu FYP di beranda gue. Tadinya gue percaya, tapi sekarang malah ngakak,” tulis akun bernama Ri** dalam kolom komentar.

“Padahal bukan saya yang melakukan. Tapi kenapa malah saya yang merasa malu,” tulis akun TikTok bernama Suta****.

Hingga kini, warganet masih ramai mengunjungi unggahan akun TikTokers yang memperlihatkan video viral polisi pamer ruang keamanan data.

Tayangan video tersebut sudah ditonton lebih dari 11 juta. Sedangkan, jumlah komentar mencapai 26 ribu dan 900 ribu menyukai. (Revi/R3/HR-Online/Editor-Eva)