Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita TerbaruWaktu Sholat Dhuha Terbaik, Ketahui Agar Pahalanya Sempurna

Waktu Sholat Dhuha Terbaik, Ketahui Agar Pahalanya Sempurna

Waktu sholat Dhuha terbaik tentunya harus diperhatikan. Mungkin dengan mengamalkan sholat sunnah tersebut pada waktu yang tepat menjadikan ibadah kita lebih utama dan lebih sempurna.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sholat Dhuha itu merupakan sholat sunnah yang mempunyai banyak keutamaan. Merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan rezeki.

Tapi mengenai hal tersebut kita tidak hanya bisa sholat saja, melainkan juga harus terus bekerja keras untuk mengupayakan apa yang kita inginkan.

Bukan hanya itu saja, siapapun yang melakukan sholat Dhuha secara rutin, maka ia akan mendapatkan pahala setara dengan orang-orang yang pergi umrah.

Tapi terkadang yang menjadi pertanyaan besar itu adalah sebenarnya kapan waktu terbaik untuk kita bisa lebih afdol melaksanakan amalan sunnah tersebut?

Apakah sehabis subuh? Atau saat jam 6? Atau mungkin sebelum berkumandang adzan Dzuhur? Wah, ternyata muncul banyak perkiraan mengenai pelaksanaan sholat sunnah tersebut.

Baca juga: Tata Cara Sholat Bagi yang Sakit, Tunaikan Ibadah Wajib!

Waktu Sholat Dhuha Terbaik, Itu Kapan?

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa banyak ibadah sunnah yang memiliki dan menyimpan banyak rahasia. Salah satunya adalah sholat Dhuha ini yang dapat membuka misteri rezeki.

Hal tersebut dapat terwujud apabila seseorang itu mampu mengerjakan amalan sunnah ini dengan istiqomah dan disertai dengan adanya taubat.

Dalam hadits riwayat Tirmidzi Rasulullah SAW telah bersabda, sholat Dhuha itu dapat mendatangkan rezeki serta dapat menolak kemiskinan, tidak akan ada yang bisa memelihara sholat kecuali mereka orang-orang yang bertaubat.

Bukan hanya hadits riwayat Tirmidzi saja, tetapi dalam hadits Riwayat Muslim juga menjelaskan, ketika waktu pagi hari terdapat kewajiban bagi seluruh persendian guna bersedekah.

Maka setiap bacaan tasbih itu merupakan sedekah, tahmid merupakan sedekah, tahlil juga sedekah, lalu takbir juga merupakan sedekah.

Maka dengan demikian itu amar ma’ruf nahi mungkar juga termasuk sedekah. Semua ini bisa tercukupi dengan cara melaksanakan sholat Dhuha sebanyak 2 rakaat saja.

Baca juga: Batas Waktu Sholat Subuh yang Benar dan Sesuai dengan Syariat Islam

Mudah Dapat Jodoh

Bukan hanya mendapat berkah yang berupa kemudahan dalam mencari rezeki. Ternyata sholat Dhuha itu bisa menjadi upaya untuk mempermudah pekerjaan sehari-hari seperti halnya bisnis, naik jabatan, serta mendapatkan jodoh.

Bukankah mengenai hal ini Rasulullah juga telah mengatakan, wahai anak Adam janganlah kalian bermalasan untuk mengerjakan 4 rakaat sholat pada waktu permulaan siang. Maka niscaya Allah akan mencukupkan kebutuhan pada akhir harinya.

Lantas kapan waktu sholat Dhuha terbaik dalam hal ini? Di Indonesia sendiri pengerjaan terbaik waktu sholat sunnah ini jatuh pada pukul 8 sampai dengan pukul 11. Anda dapat melaksanakan sholat ini mulai dari 2 rakaat sampai 12 rakaat.

Dicukupkan Harinya

Bukan hanya itu saja keutamaan yang akan kita dapatkan ketika istiqomah dalam melaksanakan sholat sunnah tersebut. Allah juga akan mencukupkan setiap harinya bagi mereka yang selalu melaksanakan sholat sunnah sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Allah juga berjanji kepada setiap umat Islam yang istiqomah melaksanakan amalan sunnah tersebut, maka akan mencukupkan semua kebutuhannya.

Setidaknya kebutuhan sampai pada akhir hari ataupun waktu sore. Sedangkan waktu sholat Dhuha terbaik mengenai hal ini adalah pada awal hari agar nantinya Allah mencukupkan semua kebutuhan kita di waktu sore.

Baca juga: Sholat Qobliyah Maghrib Berikut Bacaan Niat, Hukum, dan Tata Caranya

Mendapatkan Pahala Setara dengan Umrah dan Haji

Seperti penjelasan sebelumnya, yang menyatakan bahwa keutamaan melaksanakan sholat sunnah Dhuha bagi seorang yang mampu istiqomah adalah akan mendapatkan pahala setara dengan orang-orang yang melaksanakan ibadah haji dan umrah.

Dalam hal ini waktu sholat Dhuha terbaik yang bisa kita lakukan agar bisa mendapatkan keutamaannya tersebut adalah setelah melaksanakan sholat subuh berjamaah. Kemudian duduk mengingat Allah sampai terbit matahari lalu mengerjakan sholat sebanyak 2 rakaat.

Maka dengan demikian itu bisa dikatakan bahwa waktu sholat sunnah terbaik itu beragam, sesuai dengan keutamaan yang akan kita dapatkan. Tapi usahakan untuk selalu niat melaksanakan sholat sunnah tersebut karena Allah Semata.

Jangan berniat melaksanakan sholat Dhuha untuk mendapatkan kekayaan dunia karena sungguh Allah tidak menyukai. Niatkan dengan ikhlas dan tulus karena ibadah kepada Allah, maka Allah dengan ridho akan mengganti sesuai dengan apa yang kita butuhkan. (Muhafid/R6/HR-Online)