Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita PangandaranWCD 2022, Siswa SMK Pangandaran Bersihkan Sampah di Kawasan Batukaras

WCD 2022, Siswa SMK Pangandaran Bersihkan Sampah di Kawasan Batukaras

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Dalam memeringati World Cleanup Day (WCD) 2022, Siswa SMK Bakti Karya Parigi aksi bersihkan kawasan Pantai Batukaras Pangandaran dari sampah, Kamis (22/9/2022).

Ketua Pelaksana Rendi Setiadi menyebut aksi bersihkan pantai ini sempat terkendala akibat cuaca. Meski terlambat seminggu dari jadwal sebelum namun akhirnya dapat terlaksana.

“Syukurlah hari ini agenda bersih sampah kawasan Batukaras terlaksana dengan lancar. Walaupun kami geser yang tadinya sekitar pantai Pangandaran ke Pantai Batukaras,” jelas Rendi Setiadi.

Rendi mengatakan aksi bersih-bersih ini hanya pada kawasan Legok Pari dan beberapa taman. Mengingat tidak semua siswa mengikuti kegiatan peringatan WCD 2022 ini.

“Lebih dari 1 ton sampah terkumpul. Kini kawasan renang dan kawasan kumpul di Batukaras kembali bersih dari sampah,” kata Rendi.

Baca Juga: Peringati WCD, DWP DKUKMP Ciamis Buat Eco Enzyme dari Limbah Dapur

Tak hanya para siswa, para pedagang kawasan Batukaras pun termotivasi ikut bersihkan area warung dan parkiran dari sampah.

“Batukaras adalah pantai yang khas dengan kawasan surfing dan telah melahirkan banyak atlit. Jadi dalam WCD tahun ini kita pilih kawasan Batukaras Pangandaran,” ungkap Rendi.

Sementara, Kepala SMK Bakti Karya Parigi Athif Roihan Natsir menilai aksi para siswa bersihkan kawasan Batukaras Pangandaran ini sangat positif. Menurutnya aksi peduli lingkungan ini mengandung pembelajaran ke dalam dan ke luar.

“Jadi melatih kepekaan siswa dalam upaya melestarikan lingkungan. Melatih kemauan untuk turun aksi langsung. Sementara pembelajaran ke luar bagi masyarakat yang melihat, ini bisa menginspirasi,” jelas Athif Roihan Natsir.

Athif berharap dengan kegiatan ini menjadi agenda rutin sekolah. Manfaatnya dapat menanamkan jiwa kepedulian para siswa terhadap kebersihan lingkungan.

“Semoga aksi bersih sampah kali ini dapat terus berlangsung rutin dan memberi dampak, tidak hanya di kawasan Batukaras tapi tempat lainnya,” pungkas Athif. (Madlani/R9/HR-Online/Editor-Dadang)