Rabu, Februari 8, 2023
BerandaBerita Ciamis515 Calon Panwascam Bawaslu Ciamis Ikuti Tes CAT

515 Calon Panwascam Bawaslu Ciamis Ikuti Tes CAT

Harapanrakyat.com,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ciamis melakukan ujian tes tulis kepada 515 calon Panwascam Pemilu 2024. Ujian dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) tersebut digelar di SMK Negeri 1 Ciamis.

Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan mengatakan, jumlah anggota Panwaslu kecamatan yang mendaftar ada 554 orang. Rinciannya laki-laki 402 orang dan perempuan 152 orang.

“Setelah menutup pendaftaran, maka para calon anggota Panwascam langsung mengikuti tahap selanjutnya tes tertulis dengan sistem CAT. Tes ini sebagai syarat nantinya apakan mereka lulus jadi anggota panwaslu kecamatan pada pemilu tahun 2024 mendatang,” ungkapnya, Minggu (16/10/2022).

Calon anggota Panwascam yang mengikuti CAT tersebut yang sudah lolos tahap administrasi. Mereka berhak mengikuti tes tertulis untuk menjaring calon yang berkompeten.

Baca Juga: Bawaslu Ciamis Perpanjang Penerimaan Pendaftaran Panwascam

“Meski yang daftar ada 554 orang, akan tetapi yang hadir pada tes CAT berjumlah 515 orang. Sedangkan yang tidak hadir ada 39 orang,” ujar Uce.

Dalam tes CAT calon Panwascam untuk Pemilu 2024 tersebut, Bawaslu membagi dalam 4 sesi tes. Mengingat keterbatasan jumlah komputer. Dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Setelah selesai, selanjutnya Bawaslu Ciamis akan mengumumkan peserta yang lulus tes. Selanjutnya peserta berhak mengikuti tes wawancara.

Bawaslu Ciamis sendiri hanya membutuhkan 81 anggota Panwascam. Jumlah tersebut terbagi dalam 27 kecamatan atau 3 orang untuk setiap kecamatan.

“Terakhir adalah tes wawancara langsung yang menentukan menjadi anggota Panwascam atau tidak. Untuk itu kami berharap kepada peserta untuk mempersiapkan dengan wawasan seluas-luasnya,” kata Uce. (Es/R9/HR-Online/Editor-Dadang)