Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BanjarAda Petugas Jaga, Kok Bisa Pendopo Kota Banjar Dibakar Orang?

Ada Petugas Jaga, Kok Bisa Pendopo Kota Banjar Dibakar Orang?

harapanrakyat.com,- Pendopo Kota Banjar, Jawa Barat dibakar orang tak dikenal, padahal Pendopo dijaga petugas dari Satpol PP, Jumat (21/10/2022) dini hari.

Informasi yang dihimpun harapanrakyat.com, petugas jaga yang seharusnya piket dua orang. Namun Jumat dini hari tadi, petugas jaga hanya satu orang. 

Sementara satu orang petugas jaga yang bertugas piket juga sempat ketiduran pada pukul 01.00 WIB.

Akibat kelalaian tersebut, orang tak dikenal berhasil menerobos ke lingkungan Pendopo dan membakar Aula Pendopo Kota Banjar.

“Harusnya (yang piket jaga) dua orang, tapi satunya pulang duluan, karena ada kepentingan,” kata salah seorang anggota Satpol PP Kota Banjar, Agus.

Baca Juga: Datang ke Lokasi Kebakaran Pendopo Wali Kota Banjar, Ade Uu Menangis

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjar Ade Setiana mengatakan, saat menyadari Pendopo dilalap si jago merah, petugas jaga juga mengaku melihat ada orang yang melompat ke arah pagar kemudian melarikan diri.

“Informasi dari Satpol PP begitu ada api kemudian ada orang yang lompat dari pagar lari ke luar. Ketika dikejar orang itu lari sedangkan api di dalam sudah mulai membesar jadi dia lebih konsentrasi pada pemadaman api,” jelasnya.

Ade juga mengungkapkan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp 40 juta. “Kerugian dari barang-barang terbakar diduga mencapai Rp 40 juta,” katanya.

Petugas kepolisian dari tim Inafis Polres Kota Banjar melakukan identifikasi di lokasi kejadian pada Jumat pagi.

Hasilnya ditemukan sejumlah barang bukti berupa korek api dan sepatu yang terbakar. Sehingga kuat dugaan Pendopo Kota Banjar tersebut sengaja dibakar orang tak dikenal. 

Apalagi diketahui sumber api bukan berasal dari korsleting listrik, melainkan berasal dari mebel yang ada di Aula Pendopo Kota Banjar.

Sementara akibat kebakaran tersebut, kursi, mimbar, dan partisi penyekat yang ada di Aula hangus terbakar.

Sedangkan plafon Aula Pendopo Kota Banjar juga terlihat menghitam akibat kepulan asap dari mebel yang terbakar. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)