Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Bulan Rabiul Awal bagi Umat Muslim, Ini Keutamaannya!

Amalan Bulan Rabiul Awal bagi Umat Muslim, Ini Keutamaannya!

Amalan bulan Rabiul Awal mempunyai banyak keutamaannya. Ada beberapa amalan yang baik dilakukan umat muslim saat bulan Rabiul Awal. Sebab, Rabiul Awal merupakan bulan mulia dalam Islam dan juga termasuk bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Banyak umat muslim yang menunggu-nunggu datangnya bulan Rabiul Awal. Sebab, banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan saat memasuki bulan yang mulia ini. Tentunya pahala yang Anda dapatkan juga berlipat dari amalan dari bulan biasanya.

Baca juga: Hikmah Maulid Nabi Menyadarkan Manusia Sebagai Umat Manusia

Ini Dia Amalan Bulan Rabiul Awal yang Penuh Pahala!

Bulan Rabiul Awal merupakan bulan ketiga yang ada dalam kalender Hijriah, yaitu sesudah bulan Safar serta sebelum Rabiul Akhir. Selain itu, bulan ini juga banyak yang menyebutnya dengan Mulud, Muludan, dan bulan Maulid.

Rabiul Awal juga menjadi salah satu bulan istimewa umat Islam yang bertepatan dengan berbagai macam peristiwa penting. Salah satunya yaitu bulan kelahiran Nabi Muhammad dan wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Pada saat memasuki bulan Rabiul Awal, maka sebaiknya para umat muslim mengerjakan amalan-amalan baik. Sebab, ada beberapa amalan yang memiliki banyak keutamaan jika dikerjakan di bulan Rabiul Awal ini. Antara lain yaitu:

Baca juga: Sejarah Maulid Nabi, Kisah Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Banyak Bersholawat

Amalan Bulan Rabiul Awal yang bisa Anda lakukan pertama yaitu mengisi waktu Anda dengan memperbanyak bacaan-bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Membaca sholawat tidak hanya disarankan saat bulan Rabiul Awal saja, namun juga untuk amalan sehari-hari. Akan tetapi, pada bulan mulia ini, amalan membaca sholawat akan mendapatkan keutamaan yang lebih besar.

Membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk mendoakan serta memohon berkah dari Allah SWT agar mendapatkan keselamatan dan juga kesejahteraan.

Bulan Rabiul Awal ini sebenarnya juga identik dengan perayaan Maulid Nabi SAW. Umat Islam sudah melakukan perayaan tersebut sejak lama.

Pembacaan sholawat dan melakukan pengajian khusus yang mengisahkan sejarah Nabi SAW dapat Anda lakukan untuk menghiasi hari-hari bulan itu.

Maka dari itu, amalan membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW ini bisa Anda perbanyak untuk menambah pahala pada bulan yang mulia dan banyak pahala ini.

Memperbanyak Sedekah

Menyedekahkan sebagian rezeki yang kita miliki merupakan amalan bulan Rabiul Awal yang sangat berpahala. Kita mendapatkan rezeki dari Allah, jadi kita juga wajib menyedekahkan sebagian rezeki yang kita miliki untuk orang yang lebih membutuhkan.

Memperbanyak sedekah tidak akan membuat harta benda kita menjadi habis. Sebaliknya, dengan melakukan sedekah, maka Allah akan melipatkan pahala dan akan mengganti rezeki di dunia dengan jumlah yang berlipat ganda.

Maka dari itu, pada bulan Rabiul Awal ini jangan sampai lupa untuk melakukan sedekah. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengutamakan niat kita dalam bersedekah.

Melakukan sedekah harus kita niatkan dengan murni mencari pahalanya Allah. Tidak boleh hanya dengan niat pamer kebaikan. Jika niat kita selain karena Allah, maka Allah akan memberikan siksaan di akhirat nanti.

Melaksanakan Puasa Sunnah

Melakukan puasa sunnah memang tidak hanya umat Islam lakukan saat bulan Rabiul Awal saja. Akan tetapi, amalan puasa sunnah bulan Rabiul Awal bisa membuat kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Cobalah untuk melakukan puasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis atau puasa sunnah yang lainnya. Nantinya pahala puasa tersebut akan dilipat gandakan oleh Allah SWT dan akan mendapatkan balasan berupa surga.

Baca juga: Keutamaan Sholawat Nabi, Dapatkan Berbagai Manfaat di Dalamnya

Memperbanyak Amalan Kebaikan

Amalan bulan Rabiul Awal memang bisa menambah pahala kita. Selain melakukan amalan memperbanyak shalawat nabi, sedekah, dan puasa sunnah, umat muslim sebaiknya juga melakukan berbagai macam amalan baik lainnya.

Anda bisa memperbanyak membaca Al-Quran, mengaji, dan lain sebagainya. Perbuatan baik dan berpahala akan menghapus dosa-dosa yang kita miliki.

Kemudian, jangan sampai kita melakukan perbuatan yang melanggar perintah Allah SWT yang bersifat maksiat. Perlu Anda tahu, selain mendapatkan dosa, perbuatan maksiat juga akan menghapus pahala yang kita miliki. Jadi, sangat rugi sekali jika kita melakukan perbuatan maksiat.

Maka dari itu, perbanyaklah ibadah setiap harinya. Lakukan apa yang telah Allah SWT perintahkan dan jauhi laranganNya. Khusus di bulan mulia ini, Anda bisa memperbanyak amalan bulan Rabiul Awal yang bisa membuat pahala Anda menjadi banyak. (Muhafid/R6/HR-Online)