Kamis, Desember 1, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Fatwa Pro, Berikut Penjelasan dan Tujuannya

Aplikasi Fatwa Pro, Berikut Penjelasan dan Tujuannya

Aplikasi Fatwa Pro memiliki tujuan untuk menjadi aplikasi terbaik dalam keperluan referensi hukum dan fatwa. Lembaga Dar al-Iftaa Mesir yang mengumumkan peluncuran aplikasi bernama Fatwa Pro ini. Pengumuman tersebut diungkapkan selama berlangsungnya konferensi fatwa dan tujuan dari pembangunan berkelanjutan, yakni edisi internasional ketujuh.

Fatwa Pro sendiri merupakan aplikasi multi bahasa yang berdiri untuk dapat berkomunikasi dengan bentuk komunitas muslim yang ada secara keseluruhan. Terlebih lagi pada negara-negara berbahasa Inggris dan Prancis.

Pada tahap pertama aplikasi ini berfungsi sebagai mufti moderat atau sumber yudisial opini Islam melalui saluran yang kredibel.

Baca Juga: Peluncuran Aplikasi Ustadzkita Hadir untuk Memudahkan Mencari Penceramah

Mengenal Aplikasi Fatwa Pro

Fatwa Pro terlahir dari adanya keyakinan akan pentingnya internasionalisasi ilmu agama. Selain itu juga mengatasi semua hambatan untuk menjangkau pencarinya.

Bahkan, Fatwa Pro juga datang sebagai tanggapan atas masalah yang terjadi pada umat muslim di luar negeri. Kemudian juga karena kebutuhan akan fatwa dan aturan agama yang bebas dari pengaruh ekstremis.

Secara harfiah, pengertian ekstremisme adalah kualitas atau keadaan yang menjadi ekstrim. Sedangkan menurut KBBI, ekstremisme merupakan keadaan atau tindakan yang menganut paham ekstrem berdasarkan pandangan politik, agama, dan sebagainya.

Sementara itu, ekstremis merupakan orang yang melampaui batas dengan kebiasaan dalam menuntut maupun membela sesuatu.

Secara ideologi, ekstrimisme merupakan ideologi dengan sistem berpikir untuk mencapai sistem budaya, politik, dan sosial yang melampaui batas.

Hal tersebut juga memunculkan konsekuensi bahaya dan kerusakan, baik bagi individu maupun lingkungan. Saat ini pun istilah ekstremisme sering muncul dalam esensi politik atau agama.

Karena memiliki dampak yang berbahaya yang buruk, tentu saja ekstremisme harus selalu kita hindari.

Baca Juga: Fungsi Aplikasi Tawakkalna untuk Jamaah Umroh ke Tanah Suci

Tujuan Fatwa Pro

Aplikasi Fatwa Pro bertujuan untuk menjadi aplikasi nomor satu untuk semua referensi hukum dan juga fatwa dengan cara menyediakan sejumlah layanan keagamaan.

Hal tersebut juga termasuk memberikan fatwa yang sederhana dan mudah, menerima pertanyaan lebih dari satu bahasa alias dari seluruh dunia. Selain itu, aplikasi ini juga menanggapi dengan cepat berbagai pertanyaan dengan penjelasan yang mendidik.

Fatwa Pro berusaha fokus untuk menempatkan bagian-bagian tetap yang mencakup bimbingan agama, sosial, dan psikologis bagi umat Islam.

Hal tersebut bertujuan untuk membantu mereka para umat muslim dalam menghadapi berbagai masalah yang ada. Untuk memastikan memberikan layanan dengan kualitas terbaik, siklus kerja aplikasi ini mendapat dukungan oleh sekelompok ahli, spesialis, penerjemah, dan juga cendekiawan.

Baca Juga: Aplikasi Qalby App di Indonesia, Berikan Motivasi Muslim Milenial!

Dar al-Iftaa berharap bahwa Fatwa Pro dalam waktu dekat bisa menjadi acuan untuk disiplin ilmu agama yang bisa digunakan oleh umat Islam yang tinggal di barat.

Agar mereka bisa menjadikannya sebagai tameng untuk menghindari badai ekstremisme, ateisme, dan juga penyimpangan. Dengan begitu pun mereka bisa selalu terhindar dari berbagai hal buruk tersebut.

Adanya aplikasi Fatwa Pro ini tentunya akan sangat berguna bagi umat muslim di seluruh dunia. Belum lagi dengan segala keunggulan yang tersedia. (R10/HR-Online)